GAMBARAN TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR SKRIPSI DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • Marta Prima Yuda Marta Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Indah Mawarti Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  • Muthia Mutmainnah Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Abstract

ABSTRACT

Background: Academic stress is a condition in which students are faced with an academic demand that cannot be handled properly so that it can interfere with academic smoothness. Thesis is one of the academic demands where many students experience academic stress. The prevalence of students experiencing academic stress in Indonesia is 36.7-71.6%. This study aims to describe the level of academic stres of students in completing the final thesis at the Faculty of Medicine and Health Sciences, University of Jambi.

Method: This type of research is a quantitative descriptive study using a cluster random sampling technique with a total sample of 97 students of the medical and health science faculties class of 2019. The instrument used is the Student-Life Stress Inventory. Data analysis used univariate analysis to see a descriptive picture.

Results: The results showed that the majority of respondents were female, 62 respondents (63.9%) compared to men with the highest result, namely moderate stress levels, 83 respondents (83.6%), which came from self-imposed force and reacted to behavior.

Conclusion: A total of 83 students experienced moderate levels of stres originating from self-imposed stres and reacting to behavior. For students to be more active in seeking information or high insight in order to avoid academic stress in completing the final thesis assignment.

Keyword: Student , Academic Stress, Final Assignment

ABSTRAK

Latar Belakang: Stres akademik adalah kondisi mahasiswa dihadapkan dengan suatu tuntutan akademik yang tidak mampu diatasi dengan baik sehingga dapat mengganggu kelancaran akademik. Skripsi merupakan salah satu tuntutan akademik dimana banyak mahasiswa mengalami stres akademik. Prevalensi mahasiswa yang mengalami stres akademik di Indonesia sebesar 36,7- 71,6%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 mahasiswa fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan angkatan 2019. Alat instrumen yang digunakan adalah Student-life Stres Inventory. Analisa data menggunakan analisis univariat untuk melihat gambaran deskriptif.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 62 responden (63,9%) dibandingkan laki-laki dengan hasil tertinggi yaitu tingkat stres sedang sebanyak 83 responden (83,6%) yang bersumber dari pemaksaan diri dan bereaksi terhadap perilaku.

Kesimpulan: Sebanyak 83 mahasiswa mengalami stres tingkat sedang yang bersumber dari pemaksaan diri dan bereaksi stres terhadap perilaku. Bagi mahasiswa untuk dapat lebih aktif dalam mencari informasi atau wawasan yang tinggi agar terhindar dari stres akademik dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi.

Kata Kunci : Mahasiswa , Stres Akademik, Tugas Akhir

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-30