Hubungan Celebrity Worship dengan Harga Diri pada Komunitas Penggemar K-Pop

Authors

  • Miftahul Jannah Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Niken Yuniar Sari Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Aminatul Fitri Fakultas Keperawatan Universitas Riau

Abstract

Penggemar K-pop sering mengalami celebrity worship yang membuat mereka cenderung melakukan perbandingan sosial dengan selebriti yang disukai. Perbandingan sosial merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga diri, sehingga seseorang bisa menilai dirinya secara positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan celebrity worship dengan harga diri pada komunitas penggemar K-pop. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, dengan desain purposive sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap 94 orang penggemar K-pop di Kota Pekanbaru. Kuesioner yang digunakan adalah Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square dengan uji alternatif Continuity Correction. Sebanyak 61,1% responden mengalami celebrity worship yang rendah dan sebanyak 57,4% responden memiliki harga diri yang tinggi. Analisis statistik menujukkan p value = 0,039 (p value < α = 0,05). Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara celebrity worship dengan harga diri. Namun, masih diperlukan penelitian lebih mendalam mengenai faktor lain yang mempengaruhi harga diri yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-21