PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ BERBASIS VIDEO TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Ayu Elisa Universitas Jambi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sentra imtaq berbasis video terhadap perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B3 TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest one class design. Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan pretest, pemberian perlakuan dan posttest. Analisis data menggunajan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan moral dan agama pada anak usia 5-6 tahun di kelas B3 TK Negeri Seroja sebelum diberi perlakuan penggunaan media video animasi Nussa dan Rara dalam pembelajaran sentra imtaq (pretest) adalah 6 dan setelah diberi perlakuan adalah 17. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,821 lebih besar dari t tabel sebesar 1,78 (thitung> ttabel), sedangkan nilai signfiikansi dari hasil uji-t sebesar 0,001, serta nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (α<0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat perbedaan perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B3 TK Negeri Seroja sebelum diberi perlakuan (posttest) dengan setelah diberi perlakuan pembelajaran sentra imtaq berbasis video (posttest). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sentra imtaq berbasis video berpengaruh terhadap perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B3 TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-22