ANALISIS MOTIVASI TERHADAP KINERJA WIRAUSAHA PADA DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KERINCI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v12i04.41968Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa yang memotivasi kinerja kewirausahaan dalam kegiatan pariwisata. Sampel penelitian ini adalah lembaga atau institusi yang diklasifikasikan berdasarkan komunitas pariwisata di dua destinasi wisata di Kabupaten Kerinci yang berjumlah 105 unit. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja wirausaha dan juga berpengaruh terhadap kinerja wirausaha di sekitar destinasi wisata.
Downloads
References
Ateljevic, I., and S. Doorne., (2000). ‘‘Staying Within the Fence’’: Lifestyle Entrepreneurship in Tourism. Journal of Sustainable Tourism 8:378–392.
Dewi, R, D, L., (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Terhadap Kinerja Wirausaha Martabak Di Kecamatan Baleendah. Skriprsi fakultas ekonomi dan bisnis universitas pasundan.
Getz, D., and P. Nilsson., (2004). Responses of Family Businesses to Extreme Seasonality in Demand: The Case of Bornholm, Denmark. Tourism Management 25:17–30.
Hasan, S. (2011)., Jumlah Wirausaha Indonesia Masih rendah, Jakarta.
Hasibuan, M.S.P., (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Irawan, AW., (2016). Manajemen Perubahan Pada Perusahaan Keluarga: Studi Kasus Pt Roda Bahari. Volume 2 No. 1 Tahun 2016 Edisi 1, Hal. 59-72
Jaafar, M., Rasoolimanesh, M.S., Tuanlonik, A. (2015). Tourism Management Perspectives. Volume 14, April 2015, Pages 17-24
Johannes., (2018).“How Is Social Entrepreneurship As An Asset To Implement Rural Tourism At Muaro Jambi Heritage”. Innovative Issues And Approaches In Social Sciences, Vol.11, No.2.
Kahle, L. R. (1983). “Social Value And Social Change: Adaptation To Life In America”. New York: Praeger.
Katz, J. A., & Green, R.P. (2009). Entrepreneurial small business. New York: Mc Graw-Hill
Kotler, P., Haider, D. & Rein, I. (1993). Marketing Places: Attracting Investment,Industry, and Tourism to Cities, States and Nations. New York: Free Press
Kotler, P. & Keller, K. L., (2016). “Marketing Mangement”, 15e, Pearson Education Limited, England
Kotler, Philip. John T. Bowen, James K. Makens, Syehmus Baloglu. 2017. Marketing For Hospitality And Tourism, Seventh edition. England :Pearson
Murdiyanto, E. (2011). “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Karanggeneng, Purwobinagun, Pakem, Sleman”. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis Vol 7 No.2 Februari 2011: 91-101. ISSN: 1829-9946
Oktakarina. R. 2015. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih angkutan jasa. Skripsi jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial
Peter, J. Paul, Olson, Jerry C. 2010. Consumer behavior and marketing strategy ninth edition. New York: McGraw-Hill Irwin
Raju. 2009. Tourism Marketing And Management. India : Manglam Publications
Riyanti BPD. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta (ID): PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Soedibyo, M.,(2007), “ Leadership regeneration in Family Business.” Leadership., vol 1. The Ary Suta Center. Jakarta, Indonesia.
Trihudiyatmanto, M., & Purwanto, H. 2017. Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Orientasi Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Pada Sentra Umkm Pande Besi Di Wonosobo. https://www.researchgate.net/publication/328460824
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Revia Setiani, Puja Firmasari, Jumianis Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.