PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Nefi Agus Wahyu Ningsih Universitas Jambi
  • Erida Erida Universitas Jambi
  • Yenny Yuniarti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jdm.v12i03.33278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diskon dan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian produk MS Glow pada marketplace shopee. Sampel pada penelitian ini yaitu masyarakat umum dengan rentang usia remaja dan usia produktif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara online melalui google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial variabel independen (diskon dan gratis ongkir) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) karena nilai yang diperoleh <0,001 yang artinya nilai tersebut <0,05.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. A. (2021). Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying Di MasaPandemi Covid-19 (Studi Pada Konsumen Yogya Sunda Department Store diKota Bandung). Manajemen Pemasaran, 15–33.

Alghifari, A.f., dan Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.

Asih, P. B. (2022). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Diskon, dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di DKI Jakarta. Skripsi, 7–21.

Arliny, A., Muhammadun, M., & Resky, D. (2023). Pengaruh Diskon Terhadap Peningkatan Impulse Buying Pembeli di Toko Sejahtera Kota Parepare. 1(2),58–68. https://doi.org/10.35905/rikaz.v1i2.6406

Auli Shoffi’ul, Ridwan Basalamah, M, Millannintyas, R. (2021). e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 111–121.

Eko Saputri, M. (2023). Pengaruh Diskon, Tagline Gratis Ongkir, Dan Marketing Online Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow. 31–41.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir. (2021). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada MarketplaceShopee. 38–51.

Putri Melinda, P. (2020). Pengaruh Harga, Iklan, Lifestyle dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Ceriamart. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta, 16–17.

Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer ReviewDan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Hkbp Nommensen Medan). Universitas HKBP NOMMENSEN, 1.

Sarifatun Nisa, F. (2020). Pengaruh Diskon, Cashback, Dan Promo Gratis OngkosKirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. July, 1–23.

Setyagustina, K., Rahmania, R., Joni, M., Kholik, A., & Suhitasari, W. D. (2022). Pengaruh Potongan Harga (Diskon), Gratis Ongkir Dan Sistem Cod TerhadapMinat Berbelanja Online Di Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Economina, 1(3),596–607.

https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.149

Shoffi’ul, A., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2019). Pengaruh Diskon danPromo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajeman, 111–121.

Sugiyino. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Kompas.co.id. (2022a). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace.

Https://Kompas.Co.Id/.

Kompas.co.id. (2022b). Melihat Data Penjualan MS Glow Hingga Menjadi SalahSatu Brand Kecantikan Viral. Kompas.Co.Id.

insertlive.com. (2022). Cerita Sejarah Berdirinya MS Glow hingga ke Mancanegra.

Insertlive.Com/.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Ningsih, N. A. W., Erida, E., & Yuniarti, Y. . (2025). PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Dinamika Manajemen, 12(03), 138-146. https://doi.org/10.22437/jdm.v12i03.33278