PENGARUH KEMUDAHAN, MANFAAT, KETERSEDIAAN FITUR TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS MAHASISWA STRATA-1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v13i2.26102Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemudahan, Manfaat, Ketersdiaan Fitur terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa Strata-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam peneliti adalah sebanyak 284 Responden dengan penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus Isaac & Michael. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS yang dijalankan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manfaat, ketersediaan fitur, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan layanan mobile banking sedangkan kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan layanan mobile banking. Kepercayaan berpengaruh signifikan sebagai variabel mediasi antara kemudahan, manfaat dan ketersediaan fitur terhadap penggunaan layanan mobile banking.
Downloads
References
Anggraeni, Suci. 2019. “Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Mandiri Syariah KCP Muntilan).”
Bagastia, Mohamad Irfan. 2018. “Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BRI Syariah Semarang).”
Davis, Fred D. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MIS Quarterly 319–40.
Fadlan, Abi. 2018. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya).”
Ghozali, Imam, and Hengky Latan. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Untuk Penelitian Empiris.
Hadi, Syamsul, and Novi Novi. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking.” Optimum: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 5(1):55. doi: 10.12928/optimum.v5i1.7840.
Iqbal, Johandri, Heriyani Heriyani, and Isroq Urrahmah. 2021. “Pengaruh Kemudahan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking.” Global Financial Accounting Journal 5(2):25. doi: 10.37253/gfa.v5i2.6001.
Jogiyanto, Hartono M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan.
Laksana, Giga Bawa, Endang Siti Astuti, and Rizki Yudhi Dewantara. 2015. “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking ( Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang , Jawa Tengah ).” Jurnal Administrasi Bisnis 26(2):1–8.
Ledesman, Mario. 2018. “Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, Dan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Pada BSM Cabang Bandar Jaya).” Skripsi 112.
Maria loki Kristianti, and Rilo Pambudi. 2017. “Jurnal Garuda.” Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, Dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa Di Dki Jakarta 11(1):65.
Mcknight, D. Harrison, Michelle Carter, Jason Bennett Thatcher, and Paul F. Clay. 2011. “Trust in a Specific Technology: An Investigation of Its Components and Measures.” ACM Transactions on Management Information Systems 2(2). doi: 10.1145/1985347.1985353.
Poon, Wai Ching. 2008. “Users’ Adoption of e-Banking Services: The Malaysian Perspective.” Journal of Business and Industrial Marketing 23(1):59–69. doi: 10.1108/08858620810841498.
Renaldi, W. 2021. Pengaruh Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking BNI Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi.
Riswandi, Budi Agus. 2005. “Aspek Hukum Internet Banking, Jakarta: PT.” Rajagrafindo Persada, Hal 1.
Shodiqin, Muhammad. 2021. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BSI Semarang).” IAIN SALATIGA.
Sugiyono, Dr. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. CV. ALFABETA.
Tirtana, Irwan, and Permata Shinta Sari. 2014. “Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS 25:671–88.
Venkatesh, Viaswanath, and Fred D. Davis. 2000. “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.” Management Science 46(2):186–204.
Yuniati, T., R. Pramukty, and ... 2022. “Pengaruh Persepsi Fraud Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking (Nasabah Bank Umum Pengguna Layanan ….” Jurnal Ilmiah Akuntansi … 18(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Supryjadi Liu, Tona Aurora Lubis, Zulkifli Zulkifli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.