Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMPN 5 Pelepat Ilir Muaro Bungo

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jdm.v7i4.24991

Abstract

This study aims to determine the effect of training and work motivation on teacher performance at SMPN5 Pelepat Ilir Muaro Bungo. Respondents in this study amounted to 13 employees. Methods of data collection using literature study techniques, observation and questionnaires and measured with a likert scale. The data analysis technique in this study uses an analytical tool, namely SPSS Version 25. The result of this study indicated that (1) partially training has a significant positive effect on teacher performance (2) partially work motivation has a significant positive effect on teacher performance (3) Simultaneously training and motivation teacher work has a significant effect on teacher performance at SMPN5 Pelepat Ilir Muaro Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta :

Bumi aksara Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Ciputat Press. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007. Purwanto,

Development Center (MDC) Jateng. Koentjaraningrat. 1996. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Ct. 7, Jakarta

Gala, Ramadhan dan Rede (2017). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru IPA Di SMP Se-Kota Posoâ€. e-Journal Mitra Sains, Voume 5 Nomor 2, April 2017 hlm 58-66, ISSN:23020-2027.

Ghalia Indonesia Moleong, Lexy J Cet. IV. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:

H. Hadari. 2007. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pendidikan. Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta:

Hutabarat, Ratniwati (2016). “Pengaruh Pelatihan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negri 3 Sibolga†Universitas Terbuka, Jakarta.

Indriani (2019). “Pengaruh pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMPN 2 Kabupaten Bengkulu Selatanâ€. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sriwijaya, Bengkulu Selatan.

Kairuddin, H. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Semarang: Madrasa

Nawawi, Muhammad. Qomi’u Tughyan. Semarang: Pustaka Al alawi. Negara, A Anwar Prabu Mangku. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung:

Ngalim. 2002. Prisip-Pinsip Dan Tehnik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya.

PT Raja Grafindo Persada. Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung:

PT Remaja Rosda Karya. Nurdin, Syafruddin. Usman, Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta:

PT Remaja Rosdakarya. Nata, Abuddin. 2010. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group. Nawawi,

PT. Remaja Rosdakarya. Muhaimin. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Stuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah & Madrasah. Jakarta:

Rahman (2015). “Pengaruh Diklat dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara.†Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rajawali Press. Milles, Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press. Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Surabaya:

Rineka Cipta. Triyani, Apri(2009) “Pengaruh Pendidikan dan Latihan, Motivasi Kerja terhadap Kinerja guru Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri dan Swasta se Purwokertoâ€

Sarasin.Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:

Sari, Riski (2017). “Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Guru SD Di Baturetnoâ€. Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.

Sofyandi, Herman. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sudjana.2005. Metode Statistik. Bandung:

Tarsito Bandung Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

tentang Guru dan Dosen Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta :

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005

Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Hikmah, N. . (2019). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMPN 5 Pelepat Ilir Muaro Bungo. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(4), 206-213. https://doi.org/10.22437/jdm.v7i4.24991