Pengaruh Diskon, Voucher, Dan Cashback Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Pembayaran Elektronik Shopeepay
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24501Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon, voucher dan cashback terhadap minat konsumen dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna pembayaran elektronik ShopeePay. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala semantik differensial. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan diukur menggunakan SPSS 21. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon, voucher dan cashback berpengaruh secara bersama – sama (simultan) terhadap minat konsumen dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay dan secara individual (parsial) cashback merupakan variabel yang paling mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay. Konsumen cenderung lebih menyukai promo cashback dalam menggunakan pembayaran elektronik ShopeePay. Hal ini dikarenakan cashback memicu repeat order, dengan kata lain konsumen dapat berhemat apabila ingin membeli produk di lain waktu. Dan hal ini juga memberikan keuntungan bagi peyedia jasa uang elektronik seperti ShopeePay karena konsumen akan berbelanja menggunakan pembayaran elektronik lebih sering untuk menggunakan poin cashback-nya di waktu yang akan datang.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Hanbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Fadli R. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689-1699.
Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gumilar G. 2015. Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung. Vol. 5 No. 2.
Hair, Joseph E, Jr et al. 2014. A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications, inc. California. USA.10
Hauer, C. (2010). Dalam B. Solis, Engage: The Complete Guide for Brands and
Business to Build Cultivate and Measure Success on The Web (hal. 263).
Hendrastomo G, & Adib A. 2016. Berlindung dibalik pakaian bekas. J Pendidik Sosiol. Published online 2016:2.
Indarwati. (2020, November 7). Ditengah Pendemi Covid-19 Omset Pedagang Pakaian Bekas di Palu Turun Hingga 70 Persen. [Halaman web]. Diakses dari https://www.kabarselebes.id/berita/2020/11/07
Karimah. N dan Syafrizal. 2014. Motivasi Masyarakat Membeli Pakaian Bekas Di Pasar Senapelan Pekanbaru.
Kusuma DF, Sugandi MS. 2019. Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. J Manaj Komun. 2019;3(1):18. doi:10.24198/jmk.v3i1.12963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Chaterina Teresha, Andang Fazri, Musnaini Musnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.