Pengaruh Kepemilikan Manajeerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Authors

  • Muhammad Septiady Yusra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2019, baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan di sektor industri makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2019, sampel penelitian sebanyak 7 perusahaan industri makanan dan minuman yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dan secara parsial variabel kepemilikan manajerial yang berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap  Nilai Perusahaan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, M. S., Bagus, I. M., & Laksono, B. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), 19–26.

Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional.

Edwin, S. M., Wibowo, W. C., & Shihab, M. R. (2019). The effects of tourism information quality in shaping tourists’ visiting interest. Journal of Physics: Conference Series, 1193(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012011

Ernestivita, G., & Subagyo. (2020). Media Promosi Produk UMKM dengan Menggunakan EPIC Model. Efektor, 7(1), 1–14.

Firmansyah, A. (2019). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.

Fong, L. H. N., Gursoy, D., & Sigala, M. (2020). Experimental research in tourism. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 25(7), 707–709. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1775277

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Universitas Diponegoro.

Govers, R., Go, F. M., & Kumar, K. (2007). Promoting tourism destination image. Journal of Travel Research, 46(1), 15–23. https://doi.org/10.1177/0047287507302374

Gustina, L., Yasri, Y., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Air Manis Di Kota Padang. Praktik Bisnis, 08(01), 52–62.

Hair, J. F., Black, J. W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Neuromarketing in India: Understanding the Indian Consumer (7th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9781351269360

Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh kualitas daya tarik wisata budaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke kotagede. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 9–24.

Indah, D. R., & Maulidia, Z. (2017). Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model ( Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa ). PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI, 1(2), 137–149.

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing (8th ed.). Pearson. www.pearson.com/uk

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kuntariati, U., Rinayanthi, N. M., & Yani, N. W. M. S. A. (2020). Peran Komunikasi Visual Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Heritage Gajah Mada Denpasar. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(01), 36–41.

Larasati, Y. (2017). Pengaruh Objek Wisata, Usaha Perjalanan Wisata, Dan Rumah Makan Terhadap Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 1996-2015.

Looney, L. N. (2017). Branding and Visual Promotion in Laramie, Wyoming.

LPEM. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pariwisata Indonesia : Tantangan , Outlook dan Respon Kebijakan. In Pusat Kajian Iklim Usaha dan GVC - LPEM FEB UI.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.

Mauludin, R. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57–68. https://doi.org/10.17509/jurel.v14i2.9241

Muksin, I. K. (2016). MODUL Daya Tarik Wisata (Mata Kuliah: Pemanduan Wisata Alam dan Ekowisata). Fakultas Mipa Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.

Natadjaja, L. (2002). Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Pada Pasar Ekspor Ditinjau Dari Warna Dan Ilustrasi Desain Kemasan. 4(2), 158–168. http://puslit.petra.ac.id/journals/design/

Nuraeni, B. S., Ferdinand, A. T., & Sufian, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang.

Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.

Paramitha, K. C., & Patria, A. S. (2016). Perancangan Media Komunikasi Visual untuk Promosi Wisata Paralayang di Batu. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04(01), 293–299.

penalaran-unm.org. (2018). Penelitian Kausal Komparatif. Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM. https://penalaran-unm.org/penelitian-kausal-komparatif/

Phinemo, T. (2016). Jenis Produk Wisata yang Harus Diketahui oleh Pelaku Bisnis Tour Travel. Phinemo.Com. https://phinemo.com/jenis-produk-wisata-yang-harus-diketahui-oleh-setiap-pelaku-bisnis-tour-travel/

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (kedua). Zifatama Publishing.

Putra, Y. M. P. (2018). Danau Sipin, Wisata Alam Khas Jambi. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/p35rum284/danau-sipin-wisata-alam-khas-jambi

Rachmadhania, N., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 46(1), 210–217.

Ruhamak, M. D., & Husniati, E. (2018). Pengaruh Word Of Mouth , Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen ( Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare Kediri ). 3(2), 118–135.

Saragih, R. (2020). Pengunjung Sepi, Pengelola Objek Wisata di Jambi Merugi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/nasional/693481/pengunjung-sepi-pengelola-objek-wisata-di-jambi-merugi

Setda, H. (2021). Selamat Datang di Danau Sipin. Jambikota.Go.Id. https://jambikota.go.id/new/2019/12/29/selamat-datang-di-danau-sipin/

Sianipar, M. (2019). Effect of Product, Price, Location and Tourism Promotion of Interest in Visiting Lake Toba Tourist Attraction. Enrichment: Journal of Management, 9(2), 18–22. www.enrichment.iocspublisher.org

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2015). Sejarah Pariwisata: Menuju Perkembangan Pariwisata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor.

Simatupang, J. (2018). How Is Social Entrepreneurship As An Asset To Implement Rural Tourism At Muarajambi Heritage? Jurnal Innovative Issues and Approaches in Social Sciences, 11(2), 111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12959/issn.1855-0541.IIASS-2018-no2-art6

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Yusra, M. S. . (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajeerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1), 12-19. https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24500