Pengaruh Promosi Visual Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Danau Sipin Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24499Abstract
Danau sipin Jambi menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Kota Jambi sehingga pihak pemerintah dalam beberapa tahun terakhir terus melakukan pengembangan terhadap danau sipin Jambi. Berbagai bentuk promosi telah dilakukan, pun beragam daya tarik wisata terus dibangun guna memperkenalkan dan menarik perhatian lebih banyak wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi Visual dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung ke Danau Sipin Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental tulen / true experimental dengan desain Posttest-Only with Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 partisipan. Metode analisis statistik dalam penelitian ini terdiri dari, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, pengujian signifikansi simultan (uji F) dan pengujian signifikansi parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi visual dan daya tarik wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beberkunjung ke danau sipin Jambi. Secara simultan, variabel promosi visual dan daya Tarik wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkunjung ke danau sipin Jambi. Hasil analisis kuantitatif membuktikan bahwa variabel promosi visual (X1) memberikan pengaruh paling besar terhadap Minat Berkunjung ke danau sipin Jambi.
Downloads
References
Anggoro, M. E. O. P., & Pranata, L. (2020). Pengaruh Komunikasi dan Konten Visual dalam Media Fotografi di Sweetescape Jakarta [ Effect Of Visual Communication And Content In Social Media Services Instagram Buying Decisions SweetEscape Photography In Jakarta ]. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 6(2), 79–82.
Cahyoputra, Leonard, A. (2015). Menpar: Kunci Pariwisata Adalah 3A. http://www.beritasatu.com/nasional/328219-menpar-kunci-pariwisata-adalah-3a.html
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. In Education And Training (6th ed., Issue August). Routledge.
Debora, R., & Meyzi, H. (2015). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Konsumen ( Studi Evaluasi Strategi Penjualan Jasa Kamar Hotel Asean Pekanbaru). 2(2), 1–8.
Dewi, M. S., Bagus, I. M., & Laksono, B. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), 19–26.
Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional.
Edwin, S. M., Wibowo, W. C., & Shihab, M. R. (2019). The effects of tourism information quality in shaping tourists’ visiting interest. Journal of Physics: Conference Series, 1193(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012011
Ernestivita, G., & Subagyo. (2020). Media Promosi Produk UMKM dengan Menggunakan EPIC Model. Efektor, 7(1), 1–14.
Firmansyah, A. (2019). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.
Fong, L. H. N., Gursoy, D., & Sigala, M. (2020). Experimental research in tourism. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 25(7), 707–709. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1775277
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Universitas Diponegoro.
Govers, R., Go, F. M., & Kumar, K. (2007). Promoting tourism destination image. Journal of Travel Research, 46(1), 15–23. https://doi.org/10.1177/0047287507302374
Gustina, L., Yasri, Y., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Air Manis Di Kota Padang. Praktik Bisnis, 08(01), 52–62.
Hair, J. F., Black, J. W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Neuromarketing in India: Understanding the Indian Consumer (7th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9781351269360
Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh kualitas daya tarik wisata budaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke kotagede. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 9–24.
Indah, D. R., & Maulidia, Z. (2017). Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model ( Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa ). PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI, 1(2), 137–149.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing (8th ed.). Pearson. www.pearson.com/uk
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kuntariati, U., Rinayanthi, N. M., & Yani, N. W. M. S. A. (2020). Peran Komunikasi Visual Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Heritage Gajah Mada Denpasar. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(01), 36–41.
Larasati, Y. (2017). Pengaruh Objek Wisata, Usaha Perjalanan Wisata, Dan Rumah Makan Terhadap Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 1996-2015.
Looney, L. N. (2017). Branding and Visual Promotion in Laramie, Wyoming.
LPEM. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pariwisata Indonesia : Tantangan , Outlook dan Respon Kebijakan. In Pusat Kajian Iklim Usaha dan GVC - LPEM FEB UI.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.
Ma’arif, S. (2020). Danau Sipin, Danau Elok Berbalut Kearifan Lokal. Nativeindonesia.Com. https://www.nativeindonesia.com/danau-sipin/
Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Strategi Promosi Objek Wisata Alam , ( Studi Kasus di Pulau Rote NTT ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1).
Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA 2017, 1151–1160. https://doi.org/10.31227/osf.io/mz5gy
Mauludin, R. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57–68. https://doi.org/10.17509/jurel.v14i2.9241
Muksin, I. K. (2016). MODUL Daya Tarik Wisata (Mata Kuliah: Pemanduan Wisata Alam dan Ekowisata). Fakultas Mipa Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.
Mulyati, Y., Afrinata, M., Ekonomi, F., A, J. S. N., & Padang, S. H. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan ( Studi Kasus pada Wisatawan Domestik ). Jurnal Akuntasi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191–200.
Murdiyanto, E. (2011). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Karanggeneng, purwobinangun, pakem, Sleman. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(2), 91–901.
Muslimah, A. (2019). Alasan Utama Turis Asing Berwisata ke Indonesia. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2019/03/26/171100327/alasan-utama-turis-asing-berwisata-ke-indonesia
Nahartyo, E. (2012). Desain dan Implementasi Riset Eksperimen (1st ed.). UPP STIM YKPN.
Natadjaja, L. (2002). Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Pada Pasar Ekspor Ditinjau Dari Warna Dan Ilustrasi Desain Kemasan. 4(2), 158–168. http://puslit.petra.ac.id/journals/design/
Nuraeni, B. S., Ferdinand, A. T., & Sufian, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang.
Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.
Paramitha, K. C., & Patria, A. S. (2016). Perancangan Media Komunikasi Visual untuk Promosi Wisata Paralayang di Batu. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04(01), 293–299.
penalaran-unm.org. (2018). Penelitian Kausal Komparatif. Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM. https://penalaran-unm.org/penelitian-kausal-komparatif/
Phinemo, T. (2016). Jenis Produk Wisata yang Harus Diketahui oleh Pelaku Bisnis Tour Travel. Phinemo.Com. https://phinemo.com/jenis-produk-wisata-yang-harus-diketahui-oleh-setiap-pelaku-bisnis-tour-travel/
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (kedua). Zifatama Publishing.
Putra, Y. M. P. (2018). Danau Sipin, Wisata Alam Khas Jambi. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/p35rum284/danau-sipin-wisata-alam-khas-jambi
Rachmadhania, N., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 46(1), 210–217.
Redaksi. (2020). Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun 88,25 Persen pada Oktober _ jambibisnis. Jambibisnis.Com. https://jambibisnis.com/kunjungan-wisatawan-mancanegara-turun-8825-persen-pada-oktober/
RuangJambi.com. (2018). Jumlah Kunjungan Wisatawan di Provinsi Jambi, Naik 17 Persen - Ruang Jambi. https://ruangjambi.com/2018/11/09/jumlah-kunjungan-wisatawan-di-provinsi-jambi-naik-17-persen/
Ruhamak, M. D., & Husniati, E. (2018). Pengaruh Word Of Mouth , Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen ( Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare Kediri ). 3(2), 118–135.
Saragih, R. (2020). Pengunjung Sepi, Pengelola Objek Wisata di Jambi Merugi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/nasional/693481/pengunjung-sepi-pengelola-objek-wisata-di-jambi-merugi
Sari, B. E. K. (2018). Pengaruh E-Wom Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan Berdasarkan Persepsi Daya Tarik Wisata Menurut Karakteristik Demografis. Studi Pada Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk (Vol. 4, Issue 1, pp. 121–138). https://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/
Setda, H. (2021). Selamat Datang di Danau Sipin. Jambikota.Go.Id. https://jambikota.go.id/new/2019/12/29/selamat-datang-di-danau-sipin/
Sianipar, M. (2019). Effect of Product, Price, Location and Tourism Promotion of Interest in Visiting Lake Toba Tourist Attraction. Enrichment: Journal of Management, 9(2), 18–22. www.enrichment.iocspublisher.org
Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2015). Sejarah Pariwisata: Menuju Perkembangan Pariwisata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor.
Simatupang, J. (2018). How Is Social Entrepreneurship As An Asset To Implement Rural Tourism At Muarajambi Heritage? Jurnal Innovative Issues and Approaches in Social Sciences, 11(2), 111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12959/issn.1855-0541.IIASS-2018-no2-art6
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media.
Soliha, E. (2011). Desain Eksperimen dalam Penelitian Pemasaran. 1–8. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe10/article/download/1845/712
Sopyan. (2015). Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D (21st ed.). Alfabeta.
Suharsono, & Prasadja, H. (2016). Daya Tarik Keraton Kasepuhan dan Kanoman Cirebon. Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 183–189.
Sukoco, S. A. (2018). NEW Komunikasi Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. Pustaka Abadi.
Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model praktis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2013). Using Multivariate Statistics. In Contemporary Psychology: A Journal of Reviews (Vol. 28, Issue 8). https://doi.org/10.1037/022267
Utama, I Gusti Bagus Rai. (2016). Metodologi Penelitian Pariwisata dan Hospitalitas. Pustaka Larasari.
Utama, I Gusti Budi Rai. (2014). Pengantar industri pariwisata. Deepublish.
UU No. 10. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10.Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
Waluyanto, H. D. (2005). Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. 7(1), 172–172. https://doi.org/10.1515/9783111634487-043
Yacob, S., & Erida. (2019). View of Does of market attractiveness increasing tourism visiting intention through destination image in rural tourism? | International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478). International Journal of Research in Business and Social Science, 8(5), 30. http://www.ssbfnet.com/ojs/index.php/ijrbs/article/view/452/419
Yacob, S., Johannes, J., & Qomariyah, N. (2019). Visiting Intention: A Perspective of Destination Attractiveness and Image in Indonesia Rural Tourism. Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 3(2), 122.
Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion dengan Gaya Hidup sebagai Variabel Moderator. Jurnal Manajemen, 8(1), 20–41.
Yunus, Amri, & Erwin. (2019). Pengaruh strategi promosi, daya tarik wisata, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung yang berdampak kepada kepuasan wisatawan di kota pangkalpinang. Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 5(1), 160–179. http://www.stiepertiba.ac.id/ojs/index.php/jem/%0APENGARUH
Zen, Z. W., Albar, B. B., & Mayasari, H. (2017). Daya Tarik Wisata Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Objek Wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ari Yanto, Dahmiri Dahmiri, Husni Hasbullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.