Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Dengan Strategi Pertumbuhan Usaha Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v11i2.24101Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha, orientasi kewirausahaan terhadap strategi pertumbuhan usaha, strategi pertumbuhan usaha terhadap kinerja usaha serta pengaruh secara tidak langsung orientasi kewirausahaan yang dimediasi oleh strategi pertumbuhan usaha terhadap kinerja usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sampel sebanyak 39 Usaha kuliner Program Mahasiswa Wirausaha yang diambil dengan metode kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitaif serta analisis partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) denagn bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel Orientasi Kewirausahaan (X) tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja usaha (Y), 2) Orientasi Kewirausahaan (X) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Strategi Pertumbuhan Usaha (Z), 3) Strategi Pertumbuhan Usaha (Z) tidak berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja usaha (Y), dan 4) Orientasi Kewirausahaan (X) tidak berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap kinerja usaha (Y) dimediasi oleh strategi pertumbuhan usaha (Z).
Downloads
References
Ahmatang, A., Hasanuddin, N. M., & Karunia, E. (2022, November). Implementasi dan efektivitas manajemen kualitas pada umkm olahan laut kota Tarakan. In FORUM EKONOMI (Vol. 24, No. 4, pp. 688-702).
Alhnity, H., Mohamad, A., & Ishak, A. K. (2016). Impact of entrepreneurial orientation on small business performance: Moderating role of government intervention. International Review of Management and Marketing, 6(7), 95-100.
Baer, M., & Frese, M. (2003). Innovation is not enough: Climates for initiative and psychological safety, process innovations, and firm performance. Journal of Organizational Behavior: The International Journal of Industrial, Occupational and Organizational Psychology and Behavior, 24(1), 45-68.
Boohene, R., Sheridan, A., & Kotey, B. (2008). Gender, personal values, strategies and small business performance: A Ghanaian case study. Equal Opportunities International, 27(3), 237-257.
Dimitratos, P., Lioukas, S., & Carter, S. (2004). The relationship between entrepreneurship and international performance: the importance of domestic environment. International Business Review, 13(1), 19-41.
Wisesa, J. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis Dengan Strategi Bisnis Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Lechner, C., & Gudmundsson, S. V. (2014). Entrepreneurial orientation, firm strategy and small firm performance. International Small Business Journal, 32(1), 36-60.
Mahmood, R., & Hanafi, N. (2013). Entrepreneurial orientation and business performance of women-owned small and medium enterprises in Malaysia: Competitive advantage as a mediator. International Journal of Business and Social Science (IJBSS), 4(1), 82-90.
Moreno, G. A. (2008). La definición de salud de la Organización Mundial de la Salud y la interdisciplinariedad. Sapiens. Revista Universitaria de Investigación, 9(1), 93- 107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Futri Rezki Indah, Dahmiri Dahmiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.