Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Pada Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara VI Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v10i3.19068Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: 1) Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, 2) Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja terhadap Motivasi Kerja, 3) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan 4)Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja Melalui Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan.Untuk Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei dengan peryataan terstruktur kepada responden. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa keseimbangan kehiduoan kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sebaliknya keseimbangan kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Lalu,motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dan motivasi kerja mampu menjadi variabel mediasi mempengaruhi keseimbangan kehidupan kerja terhadap kepuasan kerja. Oleh karena itu, direkomendasikan perusahaan dapat membuat kebijakan khusus tentang program khusus yang dapat menunjang work life balance karyawan sehingga kepuasan kerja tercapai maksimal.
Kata Kunci : Keseimbangan Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan, Motivasi Kerja
The purpose of this research is to examine the effect of Work Life Balance on
Employee Job Satisfaction through Work Motivation on Employees of PT
Perkebunan Nusantara VI Head Office. Data was collected through the
distribution of questionnaires with a Likert scale. The data testing technique uses
Validity Test, Reliability Test, r-Square Test and Hypothesis Testing with
Boostrapping using SmartPLS (v.3.3.9) Software. The results showed that worklife
balance
had
a
positive
but
not
significant
effect
on
job
satisfaction,
work-life
balance
had
a
positive
and
significant
effect
on
work
motivation,
work
motivation
had
a
positive
and
significant
effect
on
job
satisfaction
and
work-life
balance
had
a
positive and significant effect on job satisfaction through work motivation.
Therefore, it is suggested that the company can make special policies regarding
special programs that can support the work life balance of employees so that job
satisfaction is achieved maximally.
Keywords : Work Life Balance, Employee Job Satisfaction, Work Motivation
Downloads
References
Debora, R., & Meyzi, H. (2015). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Konsumen ( Studi Evaluasi Strategi Penjualan Jasa Kamar Hotel Asean Pekanbaru). 2(2), 1–8.
Dewi, M. S., Bagus, I. M., & Laksono, B. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), 19–26.
Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional.
Edwin, S. M., Wibowo, W. C., & Shihab, M. R. (2019). The effects of tourism information quality in shaping tourists’ visiting interest. Journal of Physics: Conference Series, 1193(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012011
Ernestivita, G., & Subagyo. (2020). Media Promosi Produk UMKM dengan Menggunakan EPIC Model. Efektor, 7(1), 1–14.
Firmansyah, A. (2019). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.
Fong, L. H. N., Gursoy, D., & Sigala, M. (2020). Experimental research in tourism. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 25(7), 707–709. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1775277
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Universitas Diponegoro.
Govers, R., Go, F. M., & Kumar, K. (2007). Promoting tourism destination image. Journal of Travel Research, 46(1), 15–23. https://doi.org/10.1177/0047287507302374
Gustina, L., Yasri, Y., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Air Manis Di Kota Padang. Praktik Bisnis, 08(01), 52–62.
Hair, J. F., Black, J. W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Neuromarketing in India: Understanding the Indian Consumer (7th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9781351269360
Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh kualitas daya tarik wisata budaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke kotagede. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 9–24.
Indah, D. R., & Maulidia, Z. (2017). Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model ( Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa ). PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI, 1(2), 137–149.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing (8th ed.). Pearson. www.pearson.com/uk
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kuntariati, U., Rinayanthi, N. M., & Yani, N. W. M. S. A. (2020). Peran Komunikasi Visual Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Heritage Gajah Mada Denpasar. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(01), 36–41.
Larasati, Y. (2017). Pengaruh Objek Wisata, Usaha Perjalanan Wisata, Dan Rumah Makan Terhadap Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 1996-2015.
Looney, L. N. (2017). Branding and Visual Promotion in Laramie, Wyoming.
LPEM. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pariwisata Indonesia : Tantangan , Outlook dan Respon Kebijakan. In Pusat Kajian Iklim Usaha dan GVC - LPEM FEB UI.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.
Ma’arif, S. (2020). Danau Sipin, Danau Elok Berbalut Kearifan Lokal. Nativeindonesia.Com. https://www.nativeindonesia.com/danau-sipin/
Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Strategi Promosi Objek Wisata Alam , ( Studi Kasus di Pulau Rote NTT ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1).
Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA 2017, 1151–1160. https://doi.org/10.31227/osf.io/mz5gy
Mauludin, R. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57–68. https://doi.org/10.17509/jurel.v14i2.9241
Muksin, I. K. (2016). MODUL Daya Tarik Wisata (Mata Kuliah: Pemanduan Wisata Alam dan Ekowisata). Fakultas Mipa Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.
Mulyati, Y., Afrinata, M., Ekonomi, F., A, J. S. N., & Padang, S. H. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan ( Studi Kasus pada Wisatawan Domestik ). Jurnal Akuntasi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191–200.
Murdiyanto, E. (2011). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Karanggeneng, purwobinangun, pakem, Sleman. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(2), 91–901.
Muslimah, A. (2019). Alasan Utama Turis Asing Berwisata ke Indonesia. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2019/03/26/171100327/alasan-utama-turis-asing-berwisata-ke-indonesia
Nahartyo, E. (2012). Desain dan Implementasi Riset Eksperimen (1st ed.). UPP STIM YKPN.
Natadjaja, L. (2002). Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Pada Pasar Ekspor Ditinjau Dari Warna Dan Ilustrasi Desain Kemasan. 4(2), 158–168. http://puslit.petra.ac.id/journals/design/
Nuraeni, B. S., Ferdinand, A. T., & Sufian, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang.
Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.
Paramitha, K. C., & Patria, A. S. (2016). Perancangan Media Komunikasi Visual untuk Promosi Wisata Paralayang di Batu. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04(01), 293–299.
penalaran-unm.org. (2018). Penelitian Kausal Komparatif. Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM. https://penalaran-unm.org/penelitian-kausal-komparatif/
Phinemo, T. (2016). Jenis Produk Wisata yang Harus Diketahui oleh Pelaku Bisnis Tour Travel. Phinemo.Com. https://phinemo.com/jenis-produk-wisata-yang-harus-diketahui-oleh-setiap-pelaku-bisnis-tour-travel/
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (kedua). Zifatama Publishing.
Putra, Y. M. P. (2018). Danau Sipin, Wisata Alam Khas Jambi. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/p35rum284/danau-sipin-wisata-alam-khas-jambi
Rachmadhania, N., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 46(1), 210–217.
Redaksi. (2020). Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun 88,25 Persen pada Oktober _ jambibisnis. Jambibisnis.Com. https://jambibisnis.com/kunjungan-wisatawan-mancanegara-turun-8825-persen-pada-oktober/
RuangJambi.com. (2018). Jumlah Kunjungan Wisatawan di Provinsi Jambi, Naik 17 Persen - Ruang Jambi. https://ruangjambi.com/2018/11/09/jumlah-kunjungan-wisatawan-di-provinsi-jambi-naik-17-persen/
Ruhamak, M. D., & Husniati, E. (2018). Pengaruh Word Of Mouth , Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen ( Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare Kediri ). 3(2), 118–135
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurjana Nurjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.