Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Penggunaan Teknologi Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Batik Jambi Di Kampung Jelmu Dan Ulu Gedong Kecamatan Pelayangan Kota Jambi Periode 2018-2020

Authors

  • Pahala Surya Sitanggang Universitas Jambi
  • Agus Solikhin Universitas Jambi
  • Mohd. Ihsan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jdm.v10i3.18694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan
penggunaan teknologi terhadap kinerja keuangan UMKM Batik Jambi di
Kampung Jelmu dan Ulu Gedong Kecamatan Pelayangan Kota Jambi periode
2018-2020. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan
menggunakan alat analisis SPSS. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik
sampling jenuh (sensus), yaitu teknik pengambilan sampel bila semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 12 UMKM. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif signifikan
terhadap kinerja keuangan UMKM Batik secara parsial. Penggunaan teknologi
berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM Batik secara
parsial. Kemudian secara simultan variabel penggunaan media sosial dan
penggunaan teknologi berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM Batik.
Kata Kunci: Media Sosial, Teknologi, Kinerja Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadubello, U. (2017). Pengaruh Cashless Banking terhadap Kinerja Keuangan Usaha Kecil dan Menengah. 2, 133–142.

Ainin, S., Parveen, F., Moghavvemi, S., Jaafar, N. I., & Shuib, N. L. M. (2015). Factors influencing the use of social media by SMEs and its performance outcomes. Industrial Management and Data Systems, 115(3), 570–588. https://doi.org/10.1108/IMDS-07-2014-0205

Alif Khaidir Ali Fahmi, M. (2019). Analisis Pengaruh Jaringan, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, serta Inovasi Terhadap Keunggulan bersaing dan Kinerja Usaha (Studi pada UMKM di Purwokkerto). Diponegoro Journal of Management,8(4), 74–84. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewFile/25523/22635

Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang. 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/upgc3

Arseto, D. D. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Dengan Modal Sebagai Variabel Moderasi Pada UMKM Kota Tebing. Seminar Nasional Dan Sains & Teknologi Informasi (SENSASI), 32–37.

Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id

Ayu, I. D., Tantri, A., Martina, K., Putri, D., & Arya, I. P. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan …, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305

Bisnis, J., & Vol, I. (2014). lebih besar dari Ftabel. Secara parsial diantara variabel independen variabel kepuasan pelanggan, kualitas jasa, dan rintangan untuk berpindah berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti bahwa dari nilai t. 5(2), 115–122.

Br Napitupulu, L. A., Mafis, R., & Hasan, M. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasional, Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Pekenbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Ekonomi, 4(1), 338–352.

Chatterjee, S., & Kumar Kar, A. (2020). Why do small and medium enterprises use social media marketing and what is the impact: Empirical insights from India. International Journal of Information Management, 53(February), 102103. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102103

Derham, R., Cragg, P., & Morrish, S. (2011). Creating value: An SME and social media. PACIS 2011 - 15th Pacific Asia Conference on Information Systems: Quality Research in Pacific, December.

Djatikusumo, K. N. (2016). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komputer terhadap kinerja organisasi (Studi kasus di UMKM Kota Malang). Industri Research Workshop and National Seminar: IRONIS, 66–71.

Endraswari, R. M. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Aplikasi Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Kerajinan Tangan Bantul, Yogyakarta). 1–111.

Gasa, F. M., & Mona, E. N. F. (2020). Literasi Media Sebagai Kunci Sukses Generasi Digital Natives Di Era Disrupsi Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 74–87. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom

Grant, R. M. (1991). Grant_1991. Knowledge and Strategy, 3–24.

Greenberg, P. (2009). Social CRM Comes of Age Sponsored by Oracle. 20. https://www.computerworlduk.com/cmsdata/whitepapers/3203130/social crm.pdf

Hård, M., Leslie, B., Gieryn, T., Ndiaye, P., Hughes, T., Marx, L., Williams, R., Herzig, R., Nyhart, L., Broman, T., & Camic, C. (1960). Making Technology Masculine: Men, Women, and Modern Ma-chines in America. Technology and Culture, 1(2), 1880–1945.

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh modal , tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga Effect of capital , education levels , and technology on msme income in purbalingga regency. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 305–313.

Huang, C. J., Chicoma, E. D. T., & Huang, Y. H. (2019). Evaluating the factors that are affecting the implementation of industry 4.0 technologies in manufacturing MSMEs, the case of Peru. Processes, 7(3). https://doi.org/10.3390/PR7030161

I Kadek Candra Wijaya & I Made Suyana Utama (2013). Pengaruh teknologi terhadap penyerapan, pendapatan, produktivitas dan efisiensi usaha pada industri kerajinan genteng di desa Pejaten.

Indah Azhari, S. R., Junaid, A., & Tjan, J. S. (2020). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Invoice : Jurnal Ilmu Akuntansi, 2(2), 139– 184. https://doi.org/10.26618/inv.v2i2.4116

Isdianto, E. (2014). Bahasa Dan Teknologi. 90–99.

Islam, M. M., Habes, E. M., & Alam, M. M. (2018). The usage and social capital of mobile phones and their effect on the performance of microenterprise: An empirical study. Technological Forecasting and Social Change, 132(January), 156–164. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.01.029

Kartika (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI

OJEK ONLINE (Studi pada Pelanggan GO-JEKdi Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang)

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.005. http://etheses.uin-malang.ac.id

Kim, W. G., Li, J. J., & Brymer, R. A. (2016). The impact of social media reviews on restaurant performance: The moderating role of excellence certificate. International Journal of Hospitality Management, 55, 41–51. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.03.001

Kinerja, P., Dan, L., Asing, K., & Keuangan, T. K. (2014). Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Kepemilikan Asing Terhadap Kinerja Keuangan. Accounting Analysis Journal, 3(4), 493–500. https://doi.org/10.15294/aaj.v3i4.4211

Lauria, A., Rodrigues, D. C., Sato, F. R. L., & Moreira, R. W. F. (2014). Biomechanical strength analysis of mini anchors for the temporomandibular joint. Oral and Maxillofacial Surgery, 18(4), 425–430. https://doi.org/10.1007/s10006-013-0431-4

Lie, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(2), 90–97. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/95/90

Liu, Y., & Shrum, L. J. (2002). What is interactivity and is it always such a good thing? implications of definition, person, and situation for the influence of interactivity on advertising effectiveness. Journal of Advertising, 31(4), 53–64. https://doi.org/10.1080/00913367.2002.10673685

Mahoney, J. T., & Pandian, J. R. (1992). QL-RteLv9fi.pdf. 13(April 1991), 363–380.

Maulana, Muhammad Rudini & Ety Dwi Susanti (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada bengkel motor condong koar-koar di Gedangan Sidoarjo. http://eprints.upnjatim.ac.id/7148/

Michaelidou, N., Siamagka, N. T., & Christodoulides, G. (2011). Usage, barriers and measurement of social media marketing: An exploratory investigation of small and medium B2B brands. Industrial Marketing Management, 40(7), 1153–1159. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2011.09.009

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 124068.

Ngaruiya, B., Bosire, M., & Kamau, S. M. (2014). Pengaruh Transaksi Uang Bergerak terhadap Kinerja Keuangan Usaha Kecil dan Menengah di Kawasan Pusat Bisnis Nakuru. Journal of Finance and Accounting, 5(12), 53–59.

Noviono, H., & Pelitawati, D. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Odoom, R., Anning-Dorson, T., & Acheampong, G. (2017). Antecedents of social media usage and performance benefits in small- and medium-sized enterprises (SMEs). Journal of Enterprise Information Management, 30(3), 383–399. https://doi.org/10.1108/JEIM-04-2016-0088

Orniati, Y. (2009). Laporan Keuangan sebagai Alat untuk Menilai Kinerja Keuangan.

Jurnal Ekonomi Bisnis, 14(03), 206.

Popa, S., Soto-Acosta, P., & Perez-Gonzalez, D. (2018). An investigation of the effect of electronic business on financial performance of Spanish manufacturing SMEs. Technological Forecasting and Social Change, 136, 355–362. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2016.08.012

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–3.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. Proceeding of The URECOL, 304– 314.http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/75/73

Qurata Ayuni et al., (2019). Pengaruh penggunaan media digital terhadap tingkat penjualan produk kuliner kemasan. https://jurnal.kominfo.go.id

Rapali & Soelaiman. (2019). Pengaruh Teknologi , Organisasi , Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Jakarta Melalui Adopsi Media Sosial Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 01(4), 890– 899.

Rina Destiana, S. J. (2016). Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Cirebon Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Pembiayaan Syariah. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.25134/jrka.v2i2.458

Rofiat, A. (2017). The Effect of Cashless Banking on the Financial Performance of Small and Medium Scale Enterprisesjournals/international-scientific-research- consortium-journals/intl-jrnl-of-adv-research-in-public-policy-social-dev-and- enterprise-studies-vol2-no2-aug-2017. 2(2), 133–142. http://internationalpolicybrief.org/

Rogers, E. M. (2002). Diffusion of preventive innovations. Addictive Behaviour. Addictive Behaviours, 27, 989–993. https://ac-els-cdn- com.uplib.idm.oclc.org/S0306460302003003/1-s2.0-S0306460302003003- main.pdf?_tid=9cfbba7c-1aac-4494-aae4- fa1c9c1d3de2&acdnat=1546786121_a2d8f05162255f66d37ec1f270413a9b

Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A., & Widiastuti, A. (2012). Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 9 No., 92.

Sari, Y., Syah, I., & Basri, M. (2015). Faktor Terhambatnya Penerapan Kurikulum 2013

Terhadap Guru Tingkat SMA di Bandar Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan …, 1. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/9223

Schatzberg, E. (2006). Technik comes to America: Changing meanings of technology before 1930. Technology and Culture, 47(3), 486–512. https://doi.org/10.1353/tech.2006.0201

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf

Sidiq, A., & Astutik, E. P. (2017). Analisis Kapabilitas Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Bisnis Ukm Dengan Orientasi Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada UKM Sektor Manufaktur di Wilayah Solo Raya). Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(1), 9–27. https://doi.org/10.24856/mem.v32i1.467

Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. AJEFB - Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.

Sumarwati, E. D., & Rachman, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi ( Studi Kasus Umkm Perempuan Di Kabupaten. Indonusa Conference on Technology and Social Science, November, 242–250.

Tajudeen, F. P., Jaafar, N. I., & Ainin, S. (2018). Understanding the impact of social media usage among organizations. Information and Management, 55(3), 308–321. https://doi.org/10.1016/j.im.2017.08.004

Talom, F. S. G., & Tengeh, R. K. (2020). The impact of mobile money on the financial performance of the SMEs in douala, Cameroon. Sustainability (Switzerland), 12(1). https://doi.org/10.3390/su12010183

Teknologi, P., Penyerapan, T., Dan, P., Usaha, E., & Industri, P. (n.d.). Kerajinan Genteng Di Desa Pejaten. 414–422.

Tria Modiani (2012). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. PLN (persero) UPJ Semarang. https://ejournal.undip.ac.id

Utami, W. B., & Pardanawati, S. L. (2016). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Manajemen Aset Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar Dalam Kompas 100 Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(01), 63–72. https://doi.org/10.29040/jap.v17i01.58

Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Ekonomi Pembangunan, 3(12), 576–585.

Widyastuti, Nuswantoro, Sidhi, 2016. Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif Di Daerah Istimewa Yogyakarta. J. Aspikom. jurnalaspikom.org

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Sitanggang, P. S., Solikhin, A. ., & Ihsan, M. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Penggunaan Teknologi Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Batik Jambi Di Kampung Jelmu Dan Ulu Gedong Kecamatan Pelayangan Kota Jambi Periode 2018-2020. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(3), 119-132. https://doi.org/10.22437/jdm.v10i3.18694