Analisis motivasi berprestasi pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Authors

  • Wahyudi Firmansyah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Indra Jaya Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Sumarni Sumarni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Keywords:

motivational achievement, gender

Abstract

This study aimed to look at the motivation of achievement in management students based on gender and length of study (force). This research is quantitative research by taking respondents from the 2014-2016 foster management study program. The number of samples used in the study was calculated using the Slovin formula to obtain a sample of 123 students. The data in questionnaires were analyzed using different tests, Kruskal Wallis and Mann Whitney. The results showed a difference between the motivation of student achievement judging by gender and length of study where gender will affect the motivation of accomplishment in students of the Management Study Program of the Faculty of Economics and Business, University of Jambi. At the same time, the old factor of study does not influence student achievement motivation

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. A. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246-251.

Anni, C. T. (2004). Psikologi belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Hamalik, U. (1975). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Tarsito..

Handayani, T., & Sugiarti. (2002). Konsep dan teknik penelitian gender. Malang: UMM Press.

Malini, G.A.N.D., & Fridarim I.G.A.D. (2011). Perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin dan urutan kelahiran di SMAN 1 Tabanan dengan sistem full day school. Jurnal Psikologi Udayana, Edisi Khusus Psikologi Pendidikan, 145-155

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2009). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Purwanto, N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Salahudin, D. N., Lengkong, V. P., & Tulung, J. E. (2018). Pengaruh komunikasi dan gaya kepemimpinan serta budaya organisasi terhadap komitmen organisasi dan dampaknya pada kepuasan kerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kecamatan Se Kota Kotamobagu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).

Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17 (1), 113–124.

Sobur, Alex. (2009). Psikologi umum. Bandung: CV. Pustaka Setia

Subekti, R. (2009). Faktor-faktor penghambat penyelesaian studi mahasiswa program studi pendidikan seni rupa Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain-Fakultas Sastra UM.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : CV.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo, 82.

Wahyuningsih, W., Lukiana, N., & Irwanto, J. (2019, July). Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (studi kasus pada karyawan koperasi Serambi Dana Lumajang). In Proceedings Progress Conference , 2(1), 467-474.

Winkel, WS. (2004). Psikologi pengajaran, Jakarta : Gramedia

Downloads

Published

2020-06-09

How to Cite

Firmansyah, W. ., Jaya, I. ., & Sumarni, S. (2020). Analisis motivasi berprestasi pada mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 85-96. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/17139