Pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pembelian pada keep Burger di Kota Jambi

Authors

  • Habibbullah Habibbullah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Erida Erida Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Ade Titi Nifita Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Keywords:

positioning strategy, purchase decision

Abstract

The purpose of this study is to analyze 1) Explain the influence of positioning strategy variables which include product attributes, benefits, users, competitors, product categories, and prices have a simultaneous and partial influence on purchasing decisions, 2) Explain which positioning strategy variables have the most dominant influence on buying decision. In this study, 97 consumers live in Jambi City using the probability sampling method and the unknown population's formula. The research instrument used a questionnaire and was analyzed using linear regression. The results of this study indicate that it affects significantly. The dominant variable lies in the product attribute variable (X1) 6.076, and partially influential is the attribute variable, competitor, and price, which has a significant effect.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, dkk .(2009). Pengaruh inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran di Indonesia†(online), (http://amriamir.wordpress.com, diakses tanggal 20 Agustus 2014)

Dharmawan Santoso., & Mukhammad Najib (2015). Brand equity susu cair UHT dan pengaruhnya pada purchase intention

Ershandi Allan Anggipura. (2013). Analisis pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Motor Suzuki Satria Fu 150CC di Kota Malang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Frendy Prasetya. (2011). Analisis pengaruh diferensiasi, promosi, dan positioning terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda di Semarang). Skripsi, Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro: Semarang

Ghozali, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Handoko. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Kasali. (2008). Modul kewirausahaan untuk program Strata 1. Jakarta: PT Mizan Publika.

Kotler & Keller. (2006). Prinsip-prinsip pemasaran Jilid 1. (Alih Bahasa: Bob Sabran, M.M). Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2007). Manajemen pemasaran I (Edisi ke- 12). Jakarta: PT. Indeks.

Mas Aga Hari s Irzandy, Suharyono, Zainul Arifin. (2017). Pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli dan dampaknya pada keputusan pembelian (survei pada pengguna Kartu Perdana SimPATI Khusus Internet di GraPARI Telkomsel Cabang Kota Malang)

Natalina S SR Silitonga. (2014). Pengaruh strategi positioning terhadap keputusan konsumen membeli Teh Kotak Ultrajaya

Sangadji, Etta Mamang. (2013). Pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: ANDI

Sudijono Anas, (2009), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D); Alfabeta. Bandung. Musfikon

Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo

Swasta, Basu dan T. Hani Handoko. (2008). Manajemen pemasaran, analisa perilaku konsumen , edisi pertama, cetakan keempat, Yogyakarta: BPFE,

Wasana. (2008). Rancang bangun solar tracking system untuk mengoptimalkan penyerapan energi matahari pada Solar Cell. Skripsi. Universitas Indonesia.

Yuli Prihartini. (2008). Pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada Handphone Nokia. Skripsi, Ekonomi-S1, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Bandung: Universitas Widyatama.

Setiadi, Nugroho J. (2015). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2020-03-08

How to Cite

Habibbullah, H., Erida, E., & Nifita, A. T. . (2020). Pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pembelian pada keep Burger di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 11-20. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/16958