Pengaruh atribut produk dan layanan lembaga pembiayaan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario di Kota Jambi

Authors

  • Bestina Sri Juniar Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Johannes Johannes Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Sigit Indrawijaya Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jdm.v8i3.16875

Keywords:

product attributes, financing agency services, purchasing decisions

Abstract

This study aims to explain the influence of financial institution product and service attributes on purchasing decisions of Honda Vario Jambi motorbikes in Jambi City. The sample is 140 users of Honda Vario motorcycles, with the sampling technique used is Purposive sampling. Validity and reliability test results show that the research instrument is valid and reliable. The data analysis used in this study is multiple linear regression analysis using SPSS Version 22 software. The results show that purchasing decisions are influenced by the financial product and service attributes significantly and partially the decision to purchase Honda vario motorcycles in Jambi City is influenced by attributes financial institution products and services. In the discussion, the results of the study showed that the presence of product attributes and services of financial institutions could increase sales of Honda Vario motorcycles. To achieve this level of sales, the company must continue to present superior product attributes and maintain good cooperative relations with financing institutions that provide financial institution services.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis, H. B., & Lapian, S. J. (2014). Atribut produk dan bauran promosi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1)

Amri, A. Junaid. Y. (2009). Metodologi penelitian ekonomi dan penerapannya. Bogor: IPB Press.

Arifin, A. (2013). Pendapatan konsumen: faktor utama permintaan kredit sepeda motor pada PT Federal International Finance (Fif) Cabang Purwokertoâ€. In Performance 11(2).

Bilson, S. (2001). Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan prof tabel. Edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Blaxter, Lorraine, Hughes, Christina, Thight, Malcom (2006). How to research (seluk beluk melakukan riset) edisi ke-2. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Ghozali, I. (2007). Aplikasi analisis multivariate bagi program SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang

Hair, J. Et. All. (1998). Multivariate data analysis. New York: Mc-Grawhill.

Keputusan Menteri Keuangan No.1169/KMK.01/1991 Tanggal 21 September 1991 tentang kegiatan sewa guna usaha

Kotler, P. (2008). Manajemen pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, P., Garry, A. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, Kevin L. (2007). Manajemen pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Indeks

Khristiawan, I., & Magnadi, R. H. (2014). Pengaruh citra merek, harga, dan atribut produk terhadap minat beli konsumen pada sepeda motor merek honda (studi kasus pada mahasiswa ekonomi Universitas Diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Lestari, I. A., Kartikowati, S., & Syabrus, H. (2016). Pengaruh atribut produk dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada Mahasiswa Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-11.

Nomanca, B. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa leasing Pt. Federal International Finance (Fif) Tanjung Batu Kundur (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau).

Pradana, P., & Relawan, I. (2017). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian honda Vario Techno 125 Pgm Fi di Jakarta Utara. eProceedings of Management, 7(1).

Rahayu, T. (2015). Pengaruh brand equity dan atribut produk motor honda vario terhadap keputusan pembelian melalui nilai konsumen (studi kasus pembeli di Dealer Astra Motor Tegal). Journal of Economic Education, 4(2).

Roza, H. (2012). Analisis penilaian kredit sepeda motor merek honda pada PT. Federal International Finance (Fif) Pekanbaru. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau.

Saragih, R. (2013). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan jasa leasing Pt. Fif (Federal International Finance) Pekanbaru. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Setiaji, D. T. (2010). Pelaksanaan perjanjian pembiayaan sepeda motor antara pembeli dengan Pt. Federal International Finance (Fif) Cabang Kota Surakarta. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, T. (2012). Pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen sepeda motor pada Pt Federal International Finance (Fif) Cabang Kota Pekanbaru. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suatama, J. (2013). Analisis strategi inovasi atribut produk dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada Skuter Matik Merek Honda Vario di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2).

Sugiyono. (2014). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran, edisi 3. Yogyakarta: Andy

Tjiptono, F dan Gregorius C. (2005). Service, quality dan satisfaction, edisi pertama, cetakan kedua, Yogyakarta: Andi,

Krisdianto Tri Wijaksono, 2013, Analisis pengaruh atribut produk sepeda motor Yamaha Mio J (Studi Kasus pada Dealer Yamaha Supriadi Motor di Arjasa-Jember), Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2).

Downloads

Published

2019-12-15

How to Cite

Juniar, B. S. ., Johannes, J., & Indrawijaya, S. (2019). Pengaruh atribut produk dan layanan lembaga pembiayaan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(3), 141-152. https://doi.org/10.22437/jdm.v8i3.16875