Analisis potensi dan tantangan dalam memajukan wisata di rawa bento Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jdm.v8i2.16867Keywords:
SWOT analysis, Rawa Bento, tourismAbstract
This study aims to analyze the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of BUMDES Jernih Jaya in developing the natural tourism object of Rawa Bento, Kerinci Regency, Jambi Province. Then formulate a strategy for development by minimizing weaknesses and threats, maximizing utilization of opportunities and strengths. Data was collected through literature study, observation, and interviews with stakeholders, namely BUMDES and village heads. The data were analyzed descriptively and then to determine the strategy for developing natural attractions in Bento Swamp. A SWOT analysis was carried out. Based on the results of the research, it can be concluded that the strategy for developing natural attractions in Rawa Bento includes building infrastructure such as road access, transportation means, and accommodation facilities, making tourist attractions and promoting tourism objects, developing tourism products, and involving the community in tourism management.
Downloads
References
Baud-Bovy, M., & Lawson, F. (1998). Pariwisata dan rekreasi: buku pegangan perencanaan dan desain . Butterworth-Heinemann Ltd.
Carrà , G., Mariani, M., Radi, I., & Peri, I. (2016). Analisis strategi partisipatif: Kasus bisnis wisata anggur. Procedia ilmu pertanian dan pertanian , 8 , 706-712.
urkin, J., & Perić, M. (2017). Pengorganisasian pariwisata berbasis masyarakat: Membandingkan sikap penduduk lokal dan pengusaha pariwisata lokal di Ravna Gora, Kroasia. Ekonomi Lokal , 32 (7), 678-691.
Suryatama, E. (2014). Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Penerbit Kata Pena. Surabaya.
Haryani, D. (2020).Studi Kelayakan Wisata Kampung 99 Pepohonan Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kecamatan Limo Kota Depok. Skripsi, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Haryani, H. (2014). Potensi pengembangan atraksi wisata kampung nelayan pasie nan tigo Kota Padang Ditengah Ancaman Bencana Abrasi dan Banjir. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 30(2), 189-198.
Haryani, H., & Utama, L. (2016). Revitalization of coastal area pasie nan tigo padang city for hazard mitigation. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 32(1), 49-57.
Shabrina, P. (2020). Pengaruh perceived destination image dan attribute perception terhadap tourist satisfaction serta intention to recommend (studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Doctoral dissertation, UPN" Vteran" Yogyakarta
Irawan, K. (2010). Potensi obyek wisata sebagai daya tarik wisata. Yogyakarta: Kertas Karya.
Inskeep, E. (1991). Perencanaan pariwisata: Pendekatan pembangunan yang terintegrasi dan berkelanjutan . John Wiley & Sons.
Damayanti, C. T. (2019). Peran BUMDES dalam pengembangan desa wisata pujon kidul. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Kurniansah. (2014). Penilaian wisatawan terhadap potensi objek wisata, Alfabeta: Bandung.
Kurniawan, W. (2017). Dampak sosial ekonomi pembangunan pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Economics Development Analysis Journal, 4(4), 443-451.
Kusumaningrum, D. (2009). Persepsi wisatawan nusantara terhadap daya tarik wisata di Kota Palembang Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada.
Krisdayanti, K., Achmad, GN, & Wasil, M. (2020). Pengaruh e-marketing, features dan design terhadap kepuasan pengguna whatsapp di kecamatan samarinda utara. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) , 4 (2).
Mahmoudi, B., Haghsetan, A., & Maleki, R. (2011). Investigasi hambatan dan strategi pengembangan desa wisata menggunakan Matriks SWOT. Jurnal Pembangunan Berkelanjutan , 4 (2), 136.
Maryani, E. (1991). Pengantar geografi pariwisata. Bandung: Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS IKIP.
Muljadi, A. J. (2012). Kepariwisataan dan Perjalanan: Cetakan ketiga. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sariisik, M., Turkay, O., & Akova, O. (2011). Bagaimana mengelola pariwisata kapal pesiar di Turki: Analisis swot dan strategi terkait. Procedia-Sosial dan Ilmu Perilaku , 24 , 1014-1025.
Ihkamuddin, M. (2020). Pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Shopee Marketplace serta tinjauannya dari sudut pandang islam:(studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi. Doctoral dissertation, Universitas YARSI.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Hidayatuloh, S. (2020). Analisis strategi pemasaran jasa perbaikan dan instalasi ac mobil dengan menggunakan metode malcolm baldrige pada PT Mitra Enviro Nusantara. Ikra-Ith Ekonomika, 3(3), 36-44.
Suryatama, E. (2014). Lebih memahami analisis SWOT dalam Bisnis. Penerbit Kata Pena. Surabaya.
Zhang, X. (2012). Penelitian tentang strategi pengembangan desa wisata di Suzhou berdasarkan analisis SWOT. Procedia Energi , 16 , 1295-1299.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ricky Ishadi, Johannes Johannes, Husni Hasbullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.