Membangun loyalitas pelanggan melalui kualitas produk dan citra merek (studi pada pelanggan Oppo Jambi)

Authors

  • Resi Afrida Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Syahmardi Yacob Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Novita Sari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jdm.v8i1.16829

Keywords:

product quality, brand image, customer loyalty

Abstract

This study aims to analyze the quality of products and brand image of customer loyalty either partially or simultaneously. The number of samples in this study was 99 respondents. The type of research used is explanatory research while hypothesizing using multiple linear regression. Customer loyalty is influenced by brand image through product quality. However, other factors that influence customer loyalty and brand image, and product quality need to be continued by further research to increase customer loyalty from different perspectives.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M.M., and Parvez, N. (2009). Impact of services quality, trust, and customer satisfaction on customer loyalty, ABAC Journal, 29(1), 24-38.

Alma, B. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Cetakan Kesepuluh. Bandung: Alfabeta.

Al-Rousan, Ramzi, M., and Mohamed, B. (2010). Customer loyalty and the impacts of service quality: the case of five star hotels in Jordan International, Journal of Business and Economic Sciences, 4(7), 1702-1708

Andreas, C. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(5), 1-16

Barnes. (2009). Elemen kepercayaan. Diambil 16 Juni 20167, dari situs World Wide Web: (http://barnes.blogspot.com/2011/04/elemen-kepercayaan.html).

Fauzi’ah, Siti and , Sri Padmantyo, (2014) Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel moderasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gasper, V. (2001). Total quality management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Griffin, J. (2005). Customer loyalty: menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Henslowe, P. (2000). The art and science of public relations. new delhi; crest publishing house. New Delhi: Crest Publishing House.

Irawan, D., dan Japarianto, E. (2013). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran POR KEE Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 2.

Johannes, Roza, S., dan Ilunitedra. (2015). Pengaruh green product terhadap brand image produk air minum dalam Kemasan Merek Aqua. Digest Marketing, Vol 1, No. 1.

Kotler, P & Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 &2, Terjemahan Benyamen Molan. Jakarta: PT.Indah.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran, MM. Edisi 12 jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga

Lupioyadi, R., dan Hamdani, A. (2010). Bauran pemasaran barang vs jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2002). The power of brand: teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan merek + analisis kasus dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sastha, G.A.W.N., dan Wardhana, A. (2016). Pegaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan kartu simpati di Kota Denpasar). e-Proceeding of Management. Vol. 3, No. 2.

Soegoto, H. (2010). Pengaruh nilai dan kepercayaan loyalitas nasabah prioritas. Majalah Ilmiah Unikom, Vol. 7 No. 2.

Supranto dan Limakrisna. (2011). Perilaku konsumen & strategi pemasaran. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tjiptono, F., Candra, G,. dan Andriana, D. (2008). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi

Tomida, M. (2016). Pengaruh harga dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk footwear yongki komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(7), 1-15

Umar, H. (2008). Metode riset bisnis: dilengkapi contoh proposal dan riset bidang manajemen dan akuntansi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahid, M.A. (2014). Analisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek dan nilai pelanggan (studi pada pengguna Motor Matik Suzuki NEX FI).

Wicaksono, R.K. (2014). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen Coca Cola (Studi Pada Konsumen Coca Cola di Kota Malang).

Xian, Gou Li, dkk. (2011). Corporate, product, and user-image dimensions and purchase intentions. Journal of Computers. 6(9).

Yuniarti, Y., dan Ariyanto, A. (2018). Pengaruh servicecape terhadap loyalitas pelanggan telkomsel. Jurnal Digest Marketing, 3(1).

Downloads

Published

2020-03-08

How to Cite

Afrida, R. ., Yacob, S. ., & Sari, N. . (2020). Membangun loyalitas pelanggan melalui kualitas produk dan citra merek (studi pada pelanggan Oppo Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.22437/jdm.v8i1.16829