Implementasi E-Learning Pada Proses Online Learning Di Tingkat Prodi Ppkn Fkip Universitas Jambi

Indonesia

Authors

  • Siti Tiara Maulia Universitas Jambi
  • Sundari Utami Universitas Jambi
  • M. Lukman Hakim Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jeso.v3i1.24603

Keywords:

E-Learning, Online Learning, implementasi

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan E-Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di prodi PPKn. E-learning merupakan system atau konsep pendidikan yang menggunakan teknologi sebagai pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan cara observas langsung terhadap dosen dan  mahasiswa/i PPKn. Observasi langsung adalah sebuah metode yang dilakukan dengan cara melihat langsung atau terjun langsung ke lapangan terhadap objek yang akan diteliti oleh seorang peneliti. Observasi langsung ini dilakukan terhadap tenaga pengajar yaitu dosen matakuliah dan juga peserta didik yaitu mahasiswa/I prodi PPKn. Setelah melakukan observasi langsung yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif. E-Learning pada zaman sekarang sangat dibutuhkan baik oleh tenaga pendidik maupun oleh mahasiswa/I sebagai peserta didik yang merupakan bagian dari keberlangsungan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat kita ketahui nantinya secara langsung bagaimana pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran di prodi PPKn. Pada kenyataannya, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemanfaatan E-Learning dalam kegiatan pembelajaran belum maksimal. Sejatinya pemanfaatan E-Learning secara maksimal pada dasarnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di prodi PPKn.

 

Kata kunci : E-Learning, Online Learning, Prodi Ppkn

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-20