EVALUASI PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI @INSPECTHISTORY DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA SEJARAH DI SMKN 1 KRAMATWATU
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.29323Keywords:
Evaluasi, Media Video, InspectHistory, Kesadaran SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait pengaruh penerapan media video pembelajaran berbasis animasi @Inspecthistory dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya sejarah di SMKN 1 Kramatwatu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yang menggunakan teknik pengolahan data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatkan pemahaman materi mata pelajaran sejarah pada peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran dengan video animasi @Inspecthistory. Penelitian ini memilih video animasi @Inspecthistory yang berjudul “Apa Kunci Di Balik Kejayaan Islam?” sebagai alat stimulus pembelajaran, pemilihan ini didasarkan pada kecocokan konten sub-bab yang akan diajarkan. Implementasi dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, materi-materi yang akan diajarkan akan dicocokan dengan video animasi @Inspecthistory agar relevan dengan materi mata pelajaran sejarah kelas X. Selanjutnya, materi-materi dan video pembelajaran diintegrasikan ke dalam kurikulum yang sudah ada, sehingga menjadi bagian integral dari mata pelajaran sejarah di SMKN 1 Kramatwatu. terakhir, siswa diberikan akses untuk menonton video animasi alat stimulus tambahan dalam pembelajaran sejarah setelah sesi pertanyaan dari pemantik.
Downloads
References
Ahmad Rohani HM, H. A. (1991). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus, D. R. (2023, Oktober 20). Pentingnya Sejarah Bagi Generasi Muda. Retrieved from osf.io: https://osf.io/z8fgv/download
History, I. (2023, Oktober 20). Apa Kunci dibalik Jaman Kejayaan Islam? Retrieved from Youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=tIZgdmFzt4A&t=34s
Irwantoro, A. R. (2019). Pengembangan Diktat Perawatan Dan Perbaikan Mesin Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. S1 Thesis, 15-16.
ISTIQLAL., H. M. (2023, Oktober 20). SEJARAH BERDIRINYA MASJID ISTIQLAL. Retrieved from istiqlal.or.id: https://istiqlal.or.id/webpage/halaman/sejarah.html
Khalilullah, M. (2012). Media pembelajaran bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Listiani, N. M. (2014). Pengaruh kreativitas dan motivasi terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif pemasaran pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 2.2 , 263-275.
Marlina, E. (2020). Pengembangan model pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi sevima edLink. Jurnal Padegogik 3.2, 104-110.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning: Are We Asking the Right Questions. Educational Psychologist, 1-19.
Purwita, B. A. (2016). Pengembangan Media Mohsar (Meja Operasi Hitung Dasar) Untuk Menstimulasi Keterampilan Berhitung Materi Perkalian Dan Pembagian Bagi Peserta Didik Autis Ringan. Sarjana thesis, 10-15.
Syaputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Pemanfaatan situs purbakala candi muaro jambi sebagai objek pembelajaran sejarah lokal di era digital. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 77-87.
Safrin, M. (2023, Oktober 26). Peran Generasi Muda Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Retrieved from kompasiana.com: http://www.kompasiana.com/safrin/peran-generasi- muda-menghadapi-mea-masyarakat-ekonomiasean_56bed50fcc92738b11e2330d
Sari, S. D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL DASAR DIKELAS IV SEKOLAH-AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN2020. Skripsi, 27-28.
Sugito. (2019). PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA N 2 KENDAL. . Under Graduates thesis, 7-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firyal Fariz, Re Girindratta, Najwa Faarihatusyifa, Oktavianti, Sofyan Wijaya, Arif Permana Putra, Nani Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.