PENERAPAN NILAI HUMANISME KYAI H. AHMAD DAHLAN DALAM LINGKUP PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Syavila Nur 'Aini Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.25345

Keywords:

Humanis, Kyai H. Ahmad Dahlan, Pembelajaran Sejarah, Pendidikan

Abstract

Jejak pembaharuan Kyai H. Ahmad Dahlan dalam bidang pendidikan dan kesehatan memberikan kontribusi bagi rakyat Bumi Putera pada waktu itu. Aksi sosial yang dilakukan oleh Kyai H. Ahmad Dahlan dalam bidang pendidikan memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan pesantren. Sosok Kyai H. Ahmad Dahlan dikenal sebagai sosok yang humanis, sebab ia tidak memandang ras, golongan, agama dalam menjalankan aksinya, bahkan ia bekerjasama dengan Belanda dalam bidang kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, tujuannya untuk mendapatkan data yang relevan dari penelitian terdahulu. Kesimpulan dari hasil pembahasan penelitian ini yakni nilai humanis yang ada pada diri Kyai H. Ahmad Dahlan dapat dijadikan sebagai pembaharuan di dalam model pembelajaran sejarah di Indonesia. Model pembelajaran yang diterapkan yakni model pembelajaran sejarah yang humanistik, yang mana model pembelajaran ini menempatkan peserta didik sebagai subjek. Peserta didik dibebaskan untuk menyampaikan aspirasinya di dalam pembelajaran. Dengan adanya pembaharuan di dalam model pembelajaran, diharapkan pembelajaran sejarah dapat diminati oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Amalia, S., Rofifah, U., & Zuhri, A. F. (2020). Menampilkan sikap cinta tanah air pada era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 68-75.

Arbayah, A. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu.

Binder, Leonard,. (2001). Islam Liberal; Kritik Terhadap Ideologi-Ideologi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamza, M., Rasnawi, R., & Furqan, M. H. (2020). Pendidikan Humanistik Melalui Pembelajaran Sejarah (Suatu Kajian Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional). In Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan (pp. 33-39).

Kutoyo, S. (1985). KYAI HAJI AHMAD DAHLAN. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Mulkhan, A. M,. (2010). KIAI AHMAD DAHLAN JEJAK PEMBAHARUAN SOSIAL DAN KEMANUSIAAN. Jakarta: Kompas.

Mu’thi, A., dkk. (2015). K. H. Ahmad Dahlan (1868-1923). Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.

Nugraha, A. (2009). Kyai Haji Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Kelompok Penerbit Ar Ruzz Media.

Purwanto, B., & Adam, W. A. (2004). Menggugat Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Putri, M., Wakidi, W., & Basri, M. (2017). Peran KH Ahmad Dahlan dalam Pembentukan Sekolah Muhammadiyah di Yogyakarta Tahun 1911-1922. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 5(5).

Putri, N., Rahma, S. S., Nugraha, A., & Arifin, R. S. (2021, November). AKTUALISASI NILAI HUMANITAS SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI TEOLOGI AL-MA’UN DI TENGAH PANDEMI. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Rosdiana, R., Djono, D., & Musadad, A. A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, INQUIRI DAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMENTAL KELAS XI SMA NEGERI SE KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2015/2016). HISTORIKA, 20(1).

Supardan, D. (2015). TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN: DARI TEORI GESTALT SAMPAI TEORI BELAJAR SOSIAL. Bandung: Yayasan Rahardja, halaman 218.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zein, A. M., Ramadhan, F. A., & Farihah, U. (2022). IMPLEMENTASI TEORI HUMANISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 4 JEMBER. IJIT: Indonesian Journal of Islamic Teaching, 5(2), 155-168.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

’Aini, S. N. (2024). PENERAPAN NILAI HUMANISME KYAI H. AHMAD DAHLAN DALAM LINGKUP PEMBELAJARAN SEJARAH. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 4(1), 28-38. https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.25345