PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERPIKIR

  • . Rahmini

Abstract

Penelitian pengembangan kerangka kerja TPACK pada materi bangun ruang sisi lengkung ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka kerja yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dalam bentuk flip page ebook, menerapkan kerangka kerja tersebut dan menganalisis keterkaitan antar komponen penyusun TPACK. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pembelajaran pada pertemuan I dan II84,8%, pertemuan III dan IV89,1%, pertemuan V dan VI94,5%, pertemuan VII 87,9%, ketujuh pertemuan tersebut termasuk pada kategori “optimal”. Rata-rata nilai ulangan 72,6 yang termasuk pada kategori “baik”. Kesimpulan dari hal tersebut bahwa komponen teknologi konten knowledge mempunyai pengaruh paling besar terhadap pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan kerangka kerja TPACK.

Kata Kunci: Kerangka Kerja TPACK, Aktivitas Pembelajaran Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis

Author Biography

. Rahmini

SMP Negeri 3 Batanghari

Published
2016-12-30
How to Cite
RAHMINI, .. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERPIKIR. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Sains, [S.l.], v. 18, n. 2, dec. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/sains/article/view/3386>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Section
Seri Sains, Volume 18 Nomor 2 Tahun 2016