MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYAJIKAN GAMBAR KONSTRUKSI KOSEN DAN DAUN PINTU/JENDELA SERTA VENTILASI SESUAI KAIDAH GAMBAR TEKNIK MELALUI METODE EXPLISIT INSTRUKSION DI

  • . Zulkifli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyajikan konstruksi kosen dan daun pintu/jendela serta ventilasi sesuai kaidah gambar teknik. Permasalahan yang diangkat dalam laporan penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan metode explisit instruction dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas XI  SMK Negeri 3 Jambi pada pembelajaran kompetensi dasar menyajikan gambar konstruksi kosen jendela/pintu serta ventilasi sesuai kaidah gambar teknik. Dalam proses pembelajaran penekanan dilakukan pada cara untuk mencapai tujuan bagaimana mengorganisir pembelajaran, isi pembelajaran, menyampaikan isi pembelajaran dan mengelola metode pembelajaran, dengan demikian dapat dikatakan bahwa kajian inti pembelajaran adalah Metode Pembelajaran. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan beberapa siklus,dimana setiap siklus memiliki tahapan antara lain  perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan repleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini kelihatan bahwa keterampilan siswa dapat ditingkatkan melalui metode explisit instruction. Dalam pelaksanaan praktik diharapkan siswa lebih banyak latihan, baik latihan secara individual maupun secara kelompok. Dengan metode explisit instruction dapat membantu kesulitan kesulitan siswa dalam pembelajaran praktik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan  dengan lancar dan nilai rata-rata siswa dapat meningkat. Pada siklus 1 (pertama) rata-rata secara komulatif yang diperoleh siswa 66 (enam puluh enam)  pada siklus 2 (kedua) nilai rata-rata komulatif 71 (tujuh puluh satu)  dan pada siklus 3 (ketiga) nilai rata-rata secara komulatif yang diperoleh siswa adalah 80 (delapan puluh). Kesimpulan dari hal tersebut adalah dengan metode exsplisit instruction dapat dilihat dari hasil yang dapat digunakan secara klasikal maupun kelompok.

 

Kata kunci : Konstruksi kosen, daun jendela pintu, ventilasi, gambar teknik, pembelajaran.

Author Biography

. Zulkifli

Guru Teknik Gambar Bangunan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Jambi

Published
2016-12-30
How to Cite
ZULKIFLI, .. MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYAJIKAN GAMBAR KONSTRUKSI KOSEN DAN DAUN PINTU/JENDELA SERTA VENTILASI SESUAI KAIDAH GAMBAR TEKNIK MELALUI METODE EXPLISIT INSTRUKSION DI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Sains, [S.l.], v. 18, n. 2, dec. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/sains/article/view/3384>. Date accessed: 20 nov. 2017.
Section
Seri Sains, Volume 18 Nomor 2 Tahun 2016