EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA KAYU BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK N 2 SUNGAI PENUH

  • . Arpenas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan berbagai kendala dalam Pembelajaran Praktek Kerja Kayu di SMK N 2 Sungai Penuh dilihat dari beberapa komponen dengan menggunakan model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini termasuk dalam penelitian Evaluatif Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Metodologi yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed methods), yaitu metode penelitian yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif secara berimbang, metode digunakan secara bersama-sama dalam waktu yang sama untuk menjawab rumusan masalah yang sejenis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan untuk mengevaluasi Pembelajaran Praktek Kerja Kayu di SMKN 2 Sungai Penuh Dengan Menggunakan Model CIPP, didapatkan hasil kompenen Context (konteks) tergolong kategori cukup baik. Kompenen Input (masukan) tergolong kategori baik. Kompenen Process (Proses) tergolong kategori baik. Kompenen Product (hasil) yang mencakup hasil belajar siswa dan hasil praktek siswa tergolong kategori cukup. Sehingga kesimpulan dari evaluasi pembelajaran Praktek Kerja Kayu di SMKN 2 Sungai Penuh menggunakan model evaluasi CIPP tergolong kategori baik.

Kata kunci: Evaluasi pembelajaran, CIPP, masukan, proses, hasil

Author Biography

. Arpenas

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Wilayah Jambi di Sungai Penuh

Published
2016-12-30
How to Cite
ARPENAS, .. EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA KAYU BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK N 2 SUNGAI PENUH. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Sains, [S.l.], v. 18, n. 2, dec. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/sains/article/view/3380>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Section
Seri Sains, Volume 18 Nomor 2 Tahun 2016