Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan komponen pendapatan asli daerah pada kabupaten/kota di Provinsi Jambi

  • Muhammad Feri Romdani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, belanja daerah dan investasi swasta terhadap komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan data panel dari tahun 2012-2015 pada 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Data dianalisis menggunakan regresi data panel. Hasil analisis menemukan bahwa: (1) secara bersama-sama pertumbuhan ekonomi, belanja daerah dan investasi swasta berpengaruh signifikan terhadap pajak daerah. Sedangkan secara individual hanya variabel belanja daerah yang berpengaruh terhadap pajak daerah. (2) secara bersama-sama pertumbuhan ekonomi, belanja daerah dan investasi swasta berpengaruh signifikan terhadap retribusi daerah. sedangkan secara individual hanya belanja daerah yang berpengaruh terhadap retribusi daerah. (3) secara bersama-sama pertumbuhan ekonomi, belanja daerah dan investasi swasta berpengaruh signifikan terhadap laba BUMD (LBUMD). Sedangkan secara individual hanya pertumbuhan ekonomi yang berpengaruh terhadap LBUMD. (4) secara bersama-sama pertumbuhan ekonomi, belanja daerah dan investasi swasta berpengaruh signifikan terhadap lain-lain penerimaan asli daerah (LPAD). Sedangkan secara individual hanya belanja daerah yang berpengaruh terhadap LPAD.
Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Daerah, Investasi Swasta, Komponen Pendapatan Asli Daerah.

REFERENCES
Bastian, Indra, 2001. Manual Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah, BPFE, Yogyakarta
Desmawati,A; Zamzami,Z; Zulgani, Z. (2014). Pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pendapatan asli daerah kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah; 3(1): 49-58
Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta.
Heruyanto, Ian Dwi. 2016. Analisis Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap PAD kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Junaidi, J. (2014). Analisis Hubungan Deret Waktu untuk Peramalan. Jambi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah. Jakarta: Erlangga.
Kurniawati Gitaningtyas Yeny. 2014. Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, dan Investasi Swasta Terhadap Realisasi Pendapatan Asli Daerah Pada Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.
Mankiw. 2007. Macroeconomics. Jakarta : Erlangga
Muchtholifah. 2010. Pengaruh PDRB, Inflasi, Investasi Industri dan Jumlah Tenaga Kerja terhadap PAD di Kota Mojokerto. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UPNV. Jawa Timur.
Kuznets, Simon 2000. Jhingan Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan.
Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-18