Pengaruh tingkat pendidikan, investasi dan kesempatan kerja terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Sarolangun

  • Masriansyah Masriansyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1). Menganalisa perkembangan tingkat pendidikan, investasi, kesempatan kerja dan tingkat kemiskinan di Kabupaten Sarolangun selama tahun 2000-2015; 2). Menganalisa pengaruh tingkat pendidikan, investasi dan kesempatan kerja terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Sarolangun selama tahun 2000-2015. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menganalisa perkembangan dari setiap variabel penelitian yaitu tingkat pendidikan, investasi, kesempatan kerja dan tingkat kemiskinan. Metode analisis kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda digunakan untuk menganalisa pengaruh tingkat pendidikan, investasi dan kesempatan kerja terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Sarolangun tahun 2000-2015. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) rata-rata indeks melek huruf di Kabupaten Sarolangun sebesar 93,99 persen, perkembangan investasi total sebesar 8,45 persen per-tahunnya, perkembangan kesempatan kerja rata-rata sebesar 4,07 persen per-tahunnya dan rata-rata tingkat kemiskinan sebesar 15,11 persen; 2) Kesempatan kerja berpengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat kemiskinan di Kabupaten Sarolangun, sedangkan tingkat pendidikan dan investasi tidak berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci : Tingkat Pendidikan , Investasi, Kesempatan Kerja, Tingkat Kemiskinan

REFERENCES
Bahri, 2004. Pengaruh Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Permintaan Tenaga Kerja dan Penduduk Miskin di Propinsi Jambi. Skripsi. Perpustakaan FE-Unja. Jambi.
Bappenas, 2004, Ekonomi Pembangunan (Proses, Masalah, dan Dasar Kebijaksanaan), Penerbit : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta
BPS. 2016. Jambi Dalam Angka. BPS Provinsi Jambi.
BPS. 2016. Sarolangun Dalam Angka. BPS Sarolangun.
BPS-Statistic Indonesia, UNDP, BAPPENAS, 2004. National Human Development Report 2004. The Economics of Democracy: Financing Human Development in Indonesia.
Cahyana, 2001, “Pemasaran Daerah sebuah Model Strategi Pembangunan”, Makalah Seminar, Workshop Perencanaan Pembangunan Daerah. MEP-UGM, Yogyakarta.
Datrini, Luh Kade. 2009. Dampak Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Bali. Universitas Warmadewa : Skripsi tidak dipublikasikan.
Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometric. Erlangga, Jakarta
Jhingan, M.L. 2000, Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Cetakan Kedelapan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Junaidi,J; Zulfanetti, Z; Hardiani,H. (2014). Analisis Kondisi Ketenagakerjaan di Provinsi Jambi. Laporan Penelitian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
Khairilanwarsemsi.blogspot.com. 2016. Indikator Kemiskinan Menurut BPS. ( 13.02.2015 :11.00 )
Mankiw Gregory, 2006. Pengantar Ekonomi Makro, Edisi Ketiga, Salemba Empat Jakarta.
Martono, Trisno. 2000. Ekonomi Pembangunan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Napitupulu. 2007. Pengaruh Indikator Komposit Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin di Sumatra Utara. Skripsi Tidak di Publikasikan.
Samuelson Paul, Nordhaus William. 2005. Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta : Media Global Edukasi
Simatupang, Panjar dan Saktyanu K. Dermoredjo. 2003. Produk Domestik Bruto, Harga dan Kemiskinan dalam Media Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Jakarta : Bank Indonesia
Sukirno, 2000. Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta : Raja Grafindo.
Sukirno, Sadono, 2002. Pengantar Teori Makro dan Lanjutan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sunusi, Dewi Kurniawati. Anderson Kumenaung dan Debby Rotinsulu. 2009. Analisis Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Pada Pertumbuhan Ekonomi Dan Dampaknya Terhadap Kemiskinan Di Sulawesi Utara Tahun 2001-2010. Universitas Sam Ratulangi Manado. Skripsi tidak dipublikasikan.
Tambunan Taulus, T.H. 2001. Perekonomian Indonesia. Jakarta : Gholia Indonesia
Todaro, Michael P. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Edisi Empat
Jilid Kedua. Erlangga. Jakarta.
Todaro, Michael, P. dan Stephen C. Smith. 2003. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, Edisi Kedelapan, Jakarta: Penerbit Erlangga
Umiyati, E., Amril, A., Zulfanetti, Z. (2017). Pengaruh Belanja Modal, Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Penduduk Miskin terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/kota Provinsi Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 1(1).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-18