PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN MELALUI PELATIHAN SENAM KAKI DAN MASASE KAKI DIABETES SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KOMPLIKASI KAKI DIABETES DI PUSKESMAS SIMPANG IV SIPIN KOTA JAMBI

  • Yosi Oktarina
  • Firnaliza Rizona
  • Indah Mawarti

Abstract

ABSTRAK

      Indonesia merupakan negara yang menduduki peringkat ke-4 terbanyak di dunia yang menderita diabetes melitus. Penderita diabetes melitus memiliki resiko tinggi mengalami kompikasi yang serius. Salah satu komplikasi yang paling sering terjadi adalah komplikasi kaki diabetes. Adapun keadaan kaki diabetes yang tidak mendapatkan penanganan yang adekuat akan berkembang menjadi tindakan amputasi kaki.             Bentuk penanganan yang dapat diberikan untuk mencegah komplikasi kaki diabetes adalah senam kaki diabetes dan masase kaki diabetes.

      Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan Puskesmas Simpang IV Sipin. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi kegiatan, dilanjukan dengan pemantapan kader, pelatihan senam kaki dan masase kaki diabetes kepada kader dan penderita diabetes, evaluasi, dan pemeriksaan gula darah sewaktu pada penderita diabetes mellitus. Berdasarkan kegiatan tersebut, dapat disimpulkan setelah dilakukan pelatihan senam kaki dan masase kaki diabetes mayoritas peserta telah mengetahuai defenisi, tujuan, manfaat, indikasi, dan kontraindikasi serta prosedur pelaksanaan senam kaki dan masase kaki diabetes. Selain itu, mayoritas peserta juga merasa antusias dan tertarik untuk melakukan senam kaki dan masase kaki diabetes mellitus.

Kata Kunci : Diabetes Melitus, Senam Kaki, Masase Kaki, Pencegahan Komplikasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-01