PELATIHAN SENAM KAKI TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA LANSIA PENDERITA KENCING MANIS (DIABETES MELITUS) DI PUSKESMAS RAWASARI KOTA JAMBI

  • Kamariyah Kamariyah
  • Nurlinawati Nurlinawati

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Besarnya populasi lanjut usia yang menderita kencing manis (diabetes melitus). Salah satu bentuk perhatian yang serius terhadap lanjut usia yang menderita diabetes melitus adalah dengan terlaksananya pelatihan senam kaki pada lansia dengan kencing manis ( diabetes melitus). pelayanan pada lanjut usia melalui kelompok lanjut usia yang melibatkan semua lintas sektor terkait, swasta, dan masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pembinaan kesehatan lansia dengan salah satunya dengan pelatihan senam kaki pada lansia penderita kencing manis ( diabetes melitus).

Tujuan      : Meningkatkan kesehatan pada lansia melalui pelatihan senam kaki untuk menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita kencing manis, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan lansia.

Metode pelatihan : Kegiatan ini akan dilakukan pada lansia di Kelurahan Rawasari di wilayah kerja Puskesmas Rawasari Kota Jambi setelah penandatanganan kontrak kerja. Sasaran kegiatan ini adalah lansia yang menderita kencing manis ( diabetes melitus). 

Kesimpulan hasil proses kegiatan, peserta sangat antusias mengikutipenyuluhan dan senam kaki DM keingin tahuan peserta cukup tinggi teritama terhadap upaya pencegahan & perawatan penyakit DM di rumah. >100% peserta (22 peserta) hadir melebihi target yang diundang untuk hadir dalam pelatihan, Terlaksananya seluruh kegiatan pelatihan senam kaki  seerta 100% peserta mampu mempraktikkan senam kaki dengan pendampingan dari tim pengabdi.

 

Kata Kunci : Senam Kaki, Diabetes Melitus, Lansia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-01