KINERJA PRODUK REKSA DANA RUPIAH PADA PT. DANAREKSA INVESTMENT MANAGEMENT PERIODE NOVEMBER 2011 – JANUARI 2012

  • Rike Setiawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja produk – produk reksadana yang dikelola PT. Danareksa Investment Management periode November 2011 sampai dengan Januari 2012 dengan menggunakan metode Index Sharpe. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari data bulanan tiap produk serta SBI bulanan periode November 2011 – Januari 2012. Dimana data diperoleh dari www.danareksaonline.com, harian Bisnis Indonesia, situs Bank Indonesia serta literature yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan perhitungan kinerja Reksadana menggunakan Index Sharpe, dapat diketahui bahwa produk – produk Reksadana yang dikelola PT. Danareksa Investment Management memiliki kinerja yang bervariasi. dapat dilihat dari NAB dan RVAR produk – produk reksadana mempunyai nilai yang berubah ubah dari tiap periode dan produknya. Dan dengan produk Danareksa Mawar memiliki nilai RVAR lebih tinggi daripada Produk – produk reksadana lainnya yaitu sebesar, 6886,131 dengan standar deviasi 0,258. Dari setiap produk – produk reksadana pada PT Danareksa Investment Managemen standar deviasi yang digunakan 0,258. Maka dapat diketahui bahwa Produk Danareksa Mawar memiliki nilai yang tinggi bagi investor untuk berinvestasi dari produk – produk lainnya.

Kata Kunci : Analisis, Kinerja, Reksadana, Danareksa, Index sharpe
How to Cite
SETIAWATI, Rike. KINERJA PRODUK REKSA DANA RUPIAH PADA PT. DANAREKSA INVESTMENT MANAGEMENT PERIODE NOVEMBER 2011 – JANUARI 2012. Jurnal Manajemen Keuangan dan Portofolio, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2013. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jmkp/article/view/937>. Date accessed: 22 sep. 2017.
Section
Articles