ANALISIS KINERJA SAHAM INDIVIDUAL PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • H. Firmansyah dan Rico Wijaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui perkembangan return saham pada perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia periode Januari-Desember 2007. 2) Mengetahui besarnya resiko saham pada perusahaan Industri Makanan dan Minuman  di Bursa Efek Indonesia periode Januari-Desember 2007. 3) Untuk menganalisa perkembangan kinerja saham pada perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia periode Januari-Desember 2007. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar dalam kelompok Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia Periode Januari-Desember 2007 yang terdiri dari 14 buah perusahaan. Jenis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu berupa data harga Saham Perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia periode Januari-Desember 2007 dan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) berjangka satu bulan pada periode Januari-Desember 2007 untuk asset bebas resiko, serta literature-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Data penelitian ini adalah data sekunder berasal dari literature yang berhubungan dengan penelitihan penulis, JSX Statistics 2007 dan penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan metode analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Industri Makanan dan minuman Di Bursa Efek Indonesia priode Januari – Desember 2007 yang memiliki return saham tertinggi adalah Perusahaan PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, sebesar 16.91 %, dan return saham yang terendah adalah PT. Sekar laut Tbk, sebesar – 8.11 %. Saham-saham dengan tingkat resiko yang tertinggi adalah juga dimiliki oleh  PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, sebesar 30.69 %, dan resiko saham yang terendah adalah PT. Suba Indah Tbk, sebesar 2.18 %.Dari hasil analisa terhadap kinerja saham-saham pada Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia priode Januari – Desember 2007 dengan menggunakan ukuran kinerja william Sharpe berupa Reward to Variability (RVAR) diketahui saham yang memiliki kinerja tertinggi (terbaik) adalah PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, dengan nilai RVAR 53.62 % dan yang memiliki kinerja terburuk ( RVAR terkecil) adalah PT.Delta Jakarta Tbk, sebesar -49.85 %. Dengan demikian bagi para Investor dan Calon Investor sebaiknya memilih saham Individu pada Industri Makanan dan Minuman yang memiliki kinerja saham terbaik yaitu PT.Tiga Pilar Sejahtera Food,Tbk

 

Kata Kunci : kinerja saham, return saham, resiko saham, reward to variability
How to Cite
RICO WIJAYA, H. Firmansyah dan. ANALISIS KINERJA SAHAM INDIVIDUAL PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen Keuangan dan Portofolio, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2013. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jmkp/article/view/935>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles