ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN HUTANG, RISIKO, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI KASUS PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA, PERIODE 2007-2009 )

  • Rike Setiawati Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel kepemilikan manajerial (INSD), Kepemilikan institusional (INST), Kebijakan hutang (DER) , rasio pasar (BETA), Profitabilitas (ROE) dan ukuran perusahaan (SIZE) terhadap kebijakan dividen (DPR) perusahaan Manufaktur  di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria 1) perusahaan yang selalu menyajikan laporan keuangan periode 2007-2009, dan 2) perusahaan yang secara kontinyu membagikan dividennya setiap tahun periode 2007-2009. Data yang digunakan adalah data sekunder degan tehnik analisis regresi berganda persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta uji hipotesis F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa INST, DER, dan ROE berpengaruh signifikan positif terhadap DPR. Variabel lain yaitu INSD, BETA dan SIZE tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR. Peneliti menyarankan kepada manajer di Bursa Efek Indonesia agar memberi perhatian lebih terhadap variabel yang berpengaruh terhadap DPR yang digunakan sebagai pengambilan keputusan yang berhubungan terhadap kebijakan dividen dan kepada investor agar lebih memperhatikan semua informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam membuat keputusan investasi.

Kata Kunci : Insider, Institusional, Debt To Equity Ratio, Market Risk, Return on Equity, Dividen Payout Ratio dan Firm Size
How to Cite
SETIAWATI, Rike. ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN HUTANG, RISIKO, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI KASUS PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA, PERIODE 2007-2009 ). Jurnal Manajemen Keuangan dan Portofolio, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2013. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jmkp/article/view/933>. Date accessed: 12 dec. 2017.
Section
Articles