ANALISIS TINGKAT REPRESENTATIF CURRENT RATIO PADA INDUSTRI DI BURSA EFEK INDONESIA

  • H Agus Syarif Universitas Jambi Fakultas Ekonomi

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis rasio standar (representative ratio) tingkat current ratio industri di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007-2008. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari The Indonesian Capital Market Directory (ICMD) 2009. Kelompok Industri terdiri dari 8 sektor. Alat analisis yang digunakan adalah analisis rasio likuiditas, current ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat current ratio berdasarkan acuan normatif (rule of the thumb) dengan besaran current ratio 200% perlu peninjauan kembali, karena hanya satu kelompok industri yang memiliki representatif current ratio lebih besar dari 200%, sedangkan tujuh kelompok industri lainnya memiliki representatif current ratio lebih kecil dari 200% selama dua periode tahun penelitian.

Penelitian menggunakan nilai median sebagai ukuran rata-rata dengan pertimbangan nilai rata-rata hitung (mean) sangat dipengaruhi oleh keberadaan nilai rasio yang ekstrim. Oleh karenanya perlu lanjutan penelitian dengan menggunakan nilai rata-rata yang lebih signifikan mewakili data representatif.

 

Kata Kunci : Likuiditas, Current Ratio, Representatif, Industri.

How to Cite
SYARIF, H Agus. ANALISIS TINGKAT REPRESENTATIF CURRENT RATIO PADA INDUSTRI DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen Keuangan dan Portofolio, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2013. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jmkp/article/view/931>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Articles