PENGEMBANGAN POLA PEMBINAAN GURU KIMIA DAN MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI MAN CENDIKIA KABUPATEN MUARO JAMBI

  • . Muhaimin
  • . Syamsurizal

Abstract

Pada pembelajaran Kimia dan Matematika pendekatan scientific dapat diterapkan melalui keterampilan proses sains. Pendekatan scientific akan berhasil melalui penerapan keterampilan proses pada pembelajaran Kimia dan Matematika yang disajikan dengan strategi dan metode yang tepat. Untuk itu perlu usaha guru dalam penerapannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kegiatan Lesson study. Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk pendampingan pembuatan perencanaan dan pelaksanaan lesson study dalam mengembangkan pemahaman dan pelaksanaan pendekatan scientific guru Kimia dan Matematika MAN Insan Cendikia Kabupaten Muaro Jambi. Setelah kegiatan ini diharapkan guru Kimia dan Matematika MAN Insan Cendikia Kabupaten Muaro Jambi dapat membuat perencanaan dan pelaksanaan lesson study untuk meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan pendekatan scientific. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini di MAN Insan Cendikia Kabupaten Muaro Jambi pada semester Genap 2014/2015. Lesson study ini dilakukan pada kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat untuk: (1) Mendesiminasikan kegiatan lesson study kepada guru-guru Kimia dan Matematika MAN Insan Cendikia Kabupaten Muaro Jambi. (2) Mengetahui adakah peningkatan keterlaksanaan indikator kemampuan mengajar guru untuk pendekatan scientific sebelum dan sesudah kegiatan lesson study  (3) Perbaikan pelaksanaan PBM Kimia dan Matematika di MAN Insan Cendikia Kabupaten Muaro Jambi.  Dari hasil kegiatan PPM mengenai lesson study ini, terjadi peningkatan keterlaksanaan indikator kemampuan mengajar guru untuk pendekatan scientific sebelum dan sesudah kegiatan lesson study, dan perbaikan pelaksanaan PBM Kimia dan Matematika di MAN Insan Cendikia Kabupaten Muaro Jambi seperti: terjadi pergeseran cara mengidentifikasi masalah yang umum menjadi lebih spesifik dan mendalam, terjadi peningkatan dan penyegaran pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan pembelajaran, terjadi peningkatan kemampuan belajar dari pembelajaran, dan terjadi peningkatan kemampuan pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran.

Kata kunci: pendekatan scientific, lesson study, keterampilan proses sains

Published
2016-11-11
How to Cite
MUHAIMIN, .; SYAMSURIZAL, .. PENGEMBANGAN POLA PEMBINAAN GURU KIMIA DAN MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI MAN CENDIKIA KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 31, n. 4, nov. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jlpm/article/view/3295>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Section
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 31 Nomor 4 Tahun 2016