PEMERIKSAAN KADAR KOLESTEROL DAN TEKANAN DARAH PADA MASYARAKAT KOTA JAMBI SEBAGAI SKRINING AWAL PENYAKIT JANTUNG KORONER

  • Charles A S
  • Putri Sari Wulandari
  • Ima Maria

Abstract

Upaya mengendalikan Penyakit Jantung Koroner (PJK) dapat dilakukan melalui program maupun kegiatan tahunan yang diselenggarakan dan diperlukan partisipasi semua pihak, baik dokter, pemerintah, swasta maupun masyarakat. Sebagai bagian dari warga negara Indonesia, sekaligus sebagai tenaga kesehatan, tim pengabdi peduli dan termotivasi untuk membantu pemerintah dalam upaya pengendalian PJK. Salah satu langkah dasar pengendalian ialah dengan melakukan skrining kesehatan, yakni pemeriksaan kadar kolesterol darah dan tekanan darah, serta edukasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian pengabdi kegiatan untuk mendukung pemerintah dalam upaya pengendalian PJK, terutama pada masyarakat di Kota Jambi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pemeriksaan langsung pada peserta kegiatan dan edukasi mengenai hasil pemeriksaan. Pemeriksaan kadar kolesterol menggunakan alat autocheck dimana yang diukur adalah kadar kolesterol total.  Pemeriksaan tekanan darah menggunakan alat spyghnomanometer air raksa yang mempunyai sensitivitas yang tinggi. Kegiatan  ini diselenggarakan pada hari minggu tanggal 18 Oktober 2015. Lokasi kegiatan dilakukan di lapangan kantor gubernur Kota Jambi. Jumlah peserta sebanyak 60 orang. Dari hasil pemeriksaan tekanan darah, didapatkan sebanyak sejumlah 27 orang memiliki tekanan darah normal, 19 orang mengalami prehipertensi, 9 orang hipertensi stage I dan 5 orang hipertensi stage II. Sedangkan pada pemeriksaan kadar kolesterol darah, didapatkan sejumlah 40 orang dalam kondisi normal dan 20 orang mengalami hiperkolesterolemia.

Published
2016-11-11
How to Cite
A S, Charles; WULANDARI, Putri Sari; MARIA, Ima. PEMERIKSAAN KADAR KOLESTEROL DAN TEKANAN DARAH PADA MASYARAKAT KOTA JAMBI SEBAGAI SKRINING AWAL PENYAKIT JANTUNG KORONER. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 31, n. 4, nov. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jlpm/article/view/3294>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 31 Nomor 4 Tahun 2016