PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SD NEGERI NO. 76/IX DESA MENDALO DARAT KEC. JALUKO KAB. MUARO JAMBI

  • Mohamad Muspawi
  • Ahmad Hariandi
  • H. Ishak Muhammad

Abstract

Kegiatan pengabdian dilatar belakangi dari pemikiran bahwa perlunya guru melakukan variasi model pembelajaran dalam mengajar di kelas, salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model pembelajaran JIGSAW. Dengan harapan bahwa melalui penerapan ini siswa menjadi lebih semangat dan kreatif dalam belajar. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan bantuan keilmuan kepada para guru SD No. 76/IX Mendalo Darat dalam menggunakan model pembelajaran. Sedangkan manfa’atnya ialah diharapkan memberikan efek positif berupa semakin kreatifnya guru dalam mengajar dan semakin meningkatnya prestasi belajar siswa-siswi SD No. 76/IX Mendalo Darat. Rumusan masalah dalam pengabdian ini adalah : 1). Bagaimana pengertian model pembelajaran JIGSAW. 2). Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran JIGSAW. 3). Apa saja kelebihan dan kelemahan model pembelajaran JIGSAW. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk suatu pelatihan singkat selama 3 kali pertemuan dengan anggota sebanyak 20 orang guru yang dilaksanakan di SD No. 76/IX Mendalo Darat. Pertemuan pertama membahas tentang model pembelajaran JIGSAW dalam tataran teoritis yang meliputi pengertian, langkah-langkah pelaksanaan, serta kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran JIGSAW. Pertemuan kedua merupakan pendalaman terhadap materi yang diikuti dengan latihan tentang bagaimana menerapkan model pembelajaran tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Untuk latihan praktek model pembelajaran JIGSAW para peserta menggunakan metode diskusi, tanya jawab, simulasi dan demonstrasi dalam masing-masing kelompoknya dengan bimbingan tim pengabdian. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung, diperoleh beberapa hasil yang positif, diantaranya adalah: 1). Para peserta menunjukkan perhatian yang sangat tinggi terhadap materi pengabdian yang disampaikan oleh tim pengabdian. 2). Para peserta menunjukkan reaksi yang positif terhadap cara menerapkan model pembelajaran JIGSAW. 3). Para peserta aktif bertanya dan mengungkapkan masalah-masalah yang dialaminya selama ini dan mereka bersemangat untuk dapat menerapkan model pembelajaran JIGSAW dalam mengajar. 4). Para peserta terlihat kompak dan menjalin kerja sama yang cukup baik dalam latihan tentang penerapan model pembelajaran JIGSAW. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah bertambahnya wawasan para guru SD No. 76/IX Mendalo Darat Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi mengenai model pembelajaran JIGSAW.

Kata Kunci : Penerapan, JIGSAW.

Published
2016-11-11
How to Cite
MUSPAWI, Mohamad; HARIANDI, Ahmad; MUHAMMAD, H. Ishak. PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SD NEGERI NO. 76/IX DESA MENDALO DARAT KEC. JALUKO KAB. MUARO JAMBI. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 31, n. 4, nov. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jlpm/article/view/3292>. Date accessed: 24 nov. 2017.
Section
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 31 Nomor 4 Tahun 2016