PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PRODI KIMIA DI FKIP UNIVERSITAS JAMBI

  • Wilda Syahri Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi

Abstract

Berdasarkan kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi, Desain Pembelajaran Kimia salah satu mata kuliah yang tergabung dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian (MKK). Banyak mahasiswa yang kurang antusias dan kurang berminat mempelajarinya, yang ditandai dengan rendahnya kreatifitas dan kemampuan komunikasi mahasiswa serta hasil belajar yang mereka peroleh tidak memuaskan. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi Desain Pembelajaran Kimia, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk mahasiswa prodi kimia pada mata kuliah Desain Pembelajaran Kimia. Model pegembangan pembelajaran ini termasuk di dalamnya pengembangan silabus Desain Pembelajaran Kimia yang berbasis pendidikan karakter pada Pendidikan Tinggi di Prodi Kimia FKIP Universitas Jambi. Pelaksanaan pembelajaran Perkuliahan Desain Pembelajaran Kimia menggunakan model dengan menggunakan model silabus yang mengacu pada pendidikan karakter untuk setiap mahasiswa sangat berhasil. Oleh karena itu, untuk matakuliah Desain Pembelajaran Kimia perlu menerapkan model silabus ini. Dengan pengembangan model pembelajaran ini, telah menggali kemampuan individual mahasiswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga dapat melahirkan motivasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kreatifitas, kemampuan komunikasi, prestasi dan hasil belajarnya. Disamping itu model pembelajaran ini juga dapat menjembatani permasalahan keterbatasan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar di kelas, serta dengan adanya bantuan model pembelajaran ini dapat menjembatani persoalan rendahnya kreatifitas dan aktualisasi diri mahasiswa. Dengan cara ini tingkat penguasaan konsep, kreatifitas, kemampuan komunikasi dan keterampilan proses sains mahasiswa sebagai calon guru kimia terhadap mata kuliah Desain Pembelajaran Kimia lebih baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional calon guru kimia.

 

Kata kunci: model pembelajaran, pendidikan karakter, kreatifitas, kemampuan komunikasi, keterampilan proses sains

Published
2014-10-10
How to Cite
SYAHRI, Wilda. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH DESAIN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PRODI KIMIA DI FKIP UNIVERSITAS JAMBI. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, [S.l.], v. 6, n. 2, oct. 2014. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jisic/article/view/1945>. Date accessed: 24 sep. 2017.