KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Survey di SMPN 11 Kota Jambi)

  • Husni Sabil Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi

Abstract

Kepala sekolah merupakan pengemban tanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah. Tanggung jawab tersebut sarat dengan harapan dan pembaharuan, sehingga cita-cita mulia pendidikan secara tidak langsung diserahkan kepada kepala sekolah. Kajian tentang kinerja kepala sekolah bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksaaan program sekolah sudah sesuai dengan yang direncanakan, apa saja hambatan yang ditemukan serta bagaimana mengatasi masalah yang temukan tersebut. Manajemen berbasis sekolah adalah pengkoordinasian dan penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah melalui sejumlah input manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Dalam implementasi MBS kegiatan pokok yang harus diemban kepala sekolah yakni merencanakan, mengorganisasi, pengadaan staf, mengarahkan/orientasi sasaran, koordinasi, memantau serta menilai/evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi yang merupakan salah satu sekolah standar nasional di Kota Jambi. Metode yang diganakan dalam penelitian ini adalah metode Survey dengan tingkat eksplanasi penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan tata usaha. Hasil akhir dari penelitian di SMPN 11 Kota Jambi ini menggambarkan bahwa implementasi MBS sudah baik, yaitu =69,07 dengan skor rata-rata untuk masing-masing indikator fungsi kepala sekolah adalah Educator =68,78, Manajer =69,63, Administrator =71,63, Supervisor =66,37, Leader =70,91, Innovator =68,40 dan sebagai Motivator =67,82. Untuk itu diharapkan pemerintah daerah dapat merancang rambu-rambu dan kewenangan yang jelas tentang kepala sekolah, sehingga kepala sekolah dapat mengelola manajemen sekolah secara mandiri.

Kata Kunci : Kinerja Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah
Published
2014-10-10
How to Cite
SABIL, Husni. KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Survey di SMPN 11 Kota Jambi). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, [S.l.], v. 6, n. 2, oct. 2014. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jisic/article/view/1942>. Date accessed: 20 nov. 2017.