PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTIM KOLOID

  • Asrial Asrial Staf Pengajar di Program Magister Pendidikan IPA UNJA, PPs Universitas Jambi
  • Arnina Dwijaya Guru SMA Negeri 2 Kota Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kelompok investigasi dan motivasi siswa terhadap pemahaman konsep sistim koloid. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. Populasi penelitian berjumlah 182 siswa dan sampel berjumlah 56 siswa. Rancangan penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes objektif. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan model kelompok investigasi dan model pembelajaran konvensional (F=29,110; p<0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep sistim koloid antara siswa bermotivasi tinggi jika dibandingkan dengan siswa bermotivasi rendah yang belajar dengan menggunakan model kelompok investigasi dan model pembelajaran konvensional (F=22,649; p<0,05).

Kata Kunci: kelompok investigasi, motivasi siswa, konsep sistim koloid
Published
2014-10-10
How to Cite
ASRIAL, Asrial; DWIJAYA, Arnina. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTIM KOLOID. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, [S.l.], v. 6, n. 2, oct. 2014. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/jisic/article/view/1939>. Date accessed: 22 nov. 2017.