tradisional medicine

  • yuli uli ana

Abstract

Latar Belakang Masalah

Obat tradisional telah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat indonesia. Obat tradisional lebih mudah diterima oleh masyarakat karena selain telah akrab dengan masyarakat, obat ini lebih murah dan mudah didapat.

Sementara ini banyak orang beranggapan bahwa penggunaan tanaman obat tanaman obat atau obat tradisional relatif lebih aman dibandingkan obat sintesis. Walaupun demikian bukan berarti tanaman obat atau obat tradisional tidak memiliki efek samping yang merugikan, bila penggunaannya kurang tepat.Agar penggunaannya optimal, perlu diketahui informasi yang memadai tentang kelebihan dan kelemahan serta kemungkinan penyalahgunaan obat tradisional dan tanaman obat.

Salah satu tanaman di Indonesia yang diterima oleh masyarakat adalah tanaman sukun atau yang disebut dengan Artocarpus altilis.Artocarpus altilti dapat dimanfaatkan untuk keperluan kehidupan manusia.Buahnya dapat dijadikan pangan alternatif karena keberadaannya tidak seiringdengan pangan konvensional (beras), artinya keberadaan pangan ini dapat menutupi kekosongan produksi pangan konvensional. Selain untuk pangan alternatif, sukun juga dapat dibuat minuman untuk obat penyakit, terutama adalah daunnya. Daun sukun efektif mengobati penyakit seperti liver,hepatitis, pembesaran limpa, jantung, ginjal, tekanan darah tinggi dan kencing manis, karena mengandung phenol, quercetin, dan champorol dan juga dapat

digunakan sebagai bahan ramuan obat penyembuh kulit yang bengkak atau gatal-           gatal.

Tulisan-tulisan ilmiah mengenai tanaman sukun masih sangat terbatas,daunnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.. Hal ini patut disayangkan karena tanaman sukun dan khasiatnya sudah sangat akrab dikehidupan masyarakat.

Penelitian yang akan dilakukan meliputi uji toksisitas akut dari ekstrak daun sukun menggunakan metode Brine Shimp Lethality Test (BST) Bentuk ekstrak dipilih dengan harapan untuk menghilangkan variabel umum,iklim waktu pengambilan daun sukun tersebut. Uji toksisitas ini akan dilakukan pada larva Artemia salina Leach (brine shimp)


Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-11-08