Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi

Authors

  • Yuliana Yuliana Universitas Jambi
  • Evita Anggereini Universitas Jambi
  • Afreni Hamidah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5273

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi ekosistem, untuk mengetahui cara pengembangan modul, serta untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi ekosistem. Pengembangan ini mengikuti model 4D. Validasi desain modul oleh ahli desain sebanyak 2 tahapsementara validasi modul oleh ahli materi sebanyak 3 tahap.Selain itu, diperoleh skor penilaian guru saat uji coba adalah sebesar 82 dengan persentase 82% kategori sangat baik. Di sisi lain respon siswa perorangan terhadap modul diperoleh skor sebesar 50,6 dengan persentase 84,3% dengan kategori sangat baik. Dan respon siswa kelompok kecil terhadap modul diperoleh skor sebesar 52,8 dengan persentase 88% kategori sangat baik. Berdasarkan proses dari validasi ahli hingga uji coba perorangan dan kelompok kecil pada siswa di SMP Al-Falah Kota Jambi, secara keseluruhan modul pembelajaran berbasis kontekstual ini dikategorikan sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-18 — Updated on 2018-07-18

Versions

How to Cite

Yuliana, Y., Anggereini, E., & Hamidah, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 50-58. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5273