Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Siswa MAN 3 Yogyakarta

  • Deny Sutrisno STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Heri Retnawati Univeristas Negeri Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar siswa.Penelitian ini adalah eksperimen semu.Penelitian ini dilakukan dari tanggal 18 Februari 2015 sampai dengan 4 April 2015.Penelitan dilakukan di MAN 3 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 di MAN Yogyakarta 3 yang terdaftar pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 61 orang. Sampel dipilih dengan carapurposive sampling. Korelasi hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil uji korelasi pearson product moment didapatkan nilai r adalah 0,69 dengan signifikansi nilai 0,0. Hal ini menunjukkan bahwa antara kemampuan berpikir tingkat dan prestasi belajar terdapat korelasi yang positif.

Kata Kunci:  Berpikir Tingkat Tinggi,  Prestasi Belajar Siswa, Geometri.

 

Correlation of Higher Order Thinking Skills and Learning Achievements of Students in MAN 3 Yogyakarta

 

Abstract

The aims of this research is to know the correlation between the higher order thinking skills and learning achievements of students. This research was quasi experiment. This research was conducted from Februari 18th until April 4th at 2015. The research carried out in MAN 3 Yogyakarta. The sample of this research is 61 students of X MIA 3 and X MIA 4 in the MAN 3 Yogyakarta whose registered on the even semester academic years 2014/2015. Sample was selected with purpose sampling. The correlation between the result of higher order thinking skills test and learning achievements of students tested using pearson product moment correlations test. The result of correlation test is obtained a value of r was 0.69 with significance value of 0.0. this shows that between the higher order thinking skills and learning achievement there is a positive correlation.

Keywords: higher order thinking, student’s learning achievement, geometry

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-11