Eksperimentasi Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTS Negeri Bangko

  • Hidayati Rais STKIP YPM Bangko
  • Yohanes Yohanes STKIP YPM Bangko

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari motivasi belajar menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih baik dari yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas delapan di MTs N Bangko. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas delapan di MTs N Bangko yang terdiri atas 188 siswa. Dengan menggunaka teknik random sampling diperoleh kelas sampel adalah siswa di kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII E sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dalam bentuk essay dan angket menggunakan skala gutman. Pengujian hipotesis dilakukan padahasil uji kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas sampel. Berdasarkan analisis, diperoleh bahwa data berdisibusi normal dan variannya homogen. Oleh karena itu hipotesis 1, 2, 3, dan 4 menggunakan uji independent sample t-test, dan hipotesis 5 menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: pertama, kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan model pembelajaran mind mapping lebih baik dari yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kedua, kemampuan komunikasi matematika pada siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah yang diajar dengan model pembelajaran mind mapping lebih baik dari yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: pembelajaran mind mapping, komunikasi matematis, motivasi belajar

 

Experimentation Mind Mapping Learning Model towards Mathematical Communication Ability in Terms of Learning Motivation of Students Grade VIII MTS Negeri Bangko

 

Abstrac

This study is aimed   to describe the students ability of mathematical communication on terms of learning motivation on teaching with mind mapping learning model is better than conventional learning model on grade Eighth students of MTs N Bangko. The type of research is quantitative approach with experiment method. The research design is a 2x3 faktorial. The population of this research was the grade eights students of MTs N Bangko that included 188 students. By using random sampling technique, the selected sample is the students class VIII B as the exsperiment class and VIII E as the control class. Technique of collecting data with test on form esay and questionnaire using Guttman scale. Hypothesis testing is done on the test results of students' mathematical communication ability of the sample class. From the analysis result, is known that normal distribution data and homogeny variant. Therefore, the hypothesis 1 until 4 using independent sample t-test, and the hypothesis 5 using two-way anova. The results of the analysis of the data on sample class can be concluded that: the ability of mathematical communication taught with mind mapping learning model is better than conventional learning. And the ability of mathematical communication with high, medium, and low learning motivation taught with mind mapping learning model is better than conventional learning.

Keywords: mind mapping learning model, mathematical communication, learning motivation

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-11