Strength Training (Latihan Kekuatan)

  • Faizal Chan

Abstract

Strength atau kekuatan, yaitu suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang diperlukan dalam peningkatan prestasi belajar gerak. Kekuatan merupakan salah satu unsur kondisi fisik yang sangat penting dalam berolahraga karena dapat membantu meningkatkan komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan dan ketepatan.

Pate (1989: 181) menyatakan bahwa kekuatan diartikan sebagai tenaga yang dipakai untuk mengubah keadaan gerak atau bentuk suatu benda. Harsono (1988: 47) mengartikan kekuatan sebagai energy untuk melawan suatu tahanan atau kemampuan untuk membangkitkan tegangan atau tension. Dengan demikian kekuatan adalah kemampuan yang sangat erat hubungannya dengan adanya proses kontraksi otot.

Kekuatan berarti kemampuan untuk mengeluarkan tenaga secara maksimal dalam satu usaha, kemampuan kekuatan berarti terjadinya kontraksi otot pada manusia, menurut Thomas (2000: 5) menyatakan bahwa kontraksi otot manusia terdapat tiga jenis kontraksinya yaitu; statis, konsentris dan eksentris.

Latihan-latihan kekuatan cepat yang khusus dapat juga diberikan paralel atau bersamaan dengan latihan-latihan untuk meningkatkan kekuatan maksimal. Semua pengendalian latihan kekuatan selain menuntut latihan kekuatan yang khusus juga membutuhkan latihan pelengkap di bagian.

1)      Daya tahan dasar (dari Faal yang dimaksud adalah penyediaan energi aerobe dan anaerob

2)      Latihan kelentukan/peregangan otot

 

Untuk cabang olahraga yang dominan kecepatan sangat membutuhkan latihan kekuatan.  Akan tetapi tidak serta merta kekuatan itu dilatihkan begitu saja tanpa menempuh parameter dan alur periodisasi yang sesuai.

Adapun dalam periodesasi latihan strength terdiri:

  1. Fase Adaptasi Anatomi
  2. Fase maximum strength
  3. fase conversion
  4. Fase maintenance
  5. Fase transition

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-14
How to Cite
Chan, F. (2013). Strength Training (Latihan Kekuatan). Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/703
Section
Articles