PENERAPAN BUDAYA ILMIAH DALAM DUNIA PENDIDIKAN

  • ilham -

Abstract

Budaya ilmiah dapat diartikan sebagai segala cara berpikir, cara bersikap dan berperilaku serta cara bertindak manusia yang berkecimpung dalam dunia ilmu, sesuai dengan kaidah-kaida! ilmuan dan etika ilmu. Karena budaya ilmiah adalah budaya yang sesuai dengan kaidah-kaidah, maka budaya ilmiah sangat erat kaitannya dengan filsafat ilmu dan etika ilmiah. Dapat dikatakan bahwa budaya ilmiah, filsafat ilmu, dan etika ilmiah adalah tiga hal yang tidak dapat dipisa tetapi dapat dibedakan. Filsafat ilmu adalah kegiatan berpikir yang berupaya untuk memahami secara mendasar mendalam tentang ilmu, termasuk di dalamnya kaidah-kaidah dan etika ilmu. Sedangkan etika ilmiah membicarakan kepribadian seorang individu manusia apakah sesuai atau tidak hati nurani, ucapan, atau perbuatannya dengan budaya ilmiah, etika ilmu, dan kaidah keilmuan.

Beberapa budaya ilmiah yang perlu dikembangkan dalam kehidupan ilmiah di perguruan tinggi antara lain: budaya untuk meragukan sesuatu yang tidak dapat diinderanya; budaya keterbukaan; budaya kejujuran; budaya keberanian; budaya berpikir dan berbicara seca rarelevan; budaya universalisme ilmu; budaya kesetaraan; budaya penghargaan; dan sifat memiliki ilmu.

Bicara tentang budaya terbersit dalam pikiran kita tentang suatu kebiasaan yang turun temurun, bisa dikatakan budaya merupakan tradisi bertahun-tahun yang diwariskan dari generasi sebelumnya, dan biasanya dipegang teguh oleh suatu kelompok masyarakat yang menghargai para pendahulunya. Namun bagaimana bila dihubungkan dengan istilah ilmiah, kata ilmiah biasanya merujuk kepada sesuatu yang empiris atau sudah melaui proses pembuktian  fakta dan teruji kebenarannya dan terpercaya sebelum terungkap fakta-fakta baru, sesuatu yang bersifat ilmiah akan terus menjadi hal yang dianggap benar. Jadi budaya ilmiah bisa diartikan suatu tradisi atau kebiasaan yang dicirikan dengan adanya pembuktian-pembuktian rasionalitas manusia, sebab akibat yang dibuktikan dengan sebuah data, analisa dan pengecekan atau pemeriksaan terhadap benar dan tidaknya suatu fakta.

Budaya ilmiah bukan hanya sekedar bagaimana kita memandang sebuah kebenaran, tapi lebih pada bagaimana kita menempatkan sebuah pemikiran yang orisinil yang membudayakan kebenaran. Sehingga budaya itu mempunyai nilai yang luhur yang merupakan hasil karya manusia. Budaya biasanya erat hubungannya dengan dunia pendidikan, Sekarang pertanyaannya adalah apakah sekarang dunia pendidikan indonesia sudah berbudaya ilmiah.

Menurut data Indonesia saat ini memiliki setidaknya 5,3 juta mahasiswa. Dari jumlah mahasiswa sebanyak itu, disebutkan ternyata hasil karya ilmiahnya sedikit, Belum lagi berbicara tentang kualitas karya yang dihasilkan, apakah ini yang merupakan budaya ilmiah di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut maka yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah bagaimana penerapan budaya ilmiah dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-14
How to Cite
-, ilham. (2013). PENERAPAN BUDAYA ILMIAH DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/701
Section
Articles