Learning Management System (LMS) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction.

Authors

  • Aulia Sanova Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/chp.v3i1.5078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protype desain produk e-learning berbasis LMS menggunakan aplikasi moodle, khususnya pada materi Daur Biogeokimia yang di pelajari pada mata kuliah Kimia Lingkungan. Proses pembelajaran dalam LMS ini mengakomodasi beberapa konten dengan berbagai vitur yaitu course content yang mencakup artikel, materi modul yang dikemas dalam bentuk interaktif flash animasi, tugas/ujian, dan video pembelajaran dan penugasan untuk mengukur pencapaian mahasiswa

Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) modifikasi Sugiyono. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang ditentukan secara convenience sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media serta  tangggapan mahasiswa terhadap produk yang telah dikembangkan melalui angket.

Tanggapan ahli menunjukkan e-learning berbasis Moodle sangat layak dari segi media dan layak dari segi materi. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif dimana para mahasiswa sangat tertarik dan memberikan respon jika aplikasi LMS moodle merupakan bentuk inovasi dalam alternatif proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29 — Updated on 2018-06-29

Versions

How to Cite

Sanova, A. (2018). Learning Management System (LMS) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction. Chempublish Journal, 3(1), 21-31. https://doi.org/10.22437/chp.v3i1.5078