Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Rasio Likuiditas terhadap Beta Saham (Survei terhadap Industri Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010)

  • Yuliusman Raham

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga dan rasio likuiditas terhadap beta saham. Populasi terdiri dari Perusahaan Industri Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dan jumlah sampel diperoleh 17 perusahaan. Teknik analisis dalam penelitian ini adlaah multiple linear regression dan uji hipotesis menggunakan t-test dan f-test dengan tingkat level signifikansi 5%. Asumsi klasik yang digunakan meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian mengindikasikan tingkat bunga dan rasio likuiditas secara simultan memiliki pengaruh terhadap beta saham. Kemampuan prediksi dari dua variabel terhadap beta saham adalah 10%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model. Secara parsial, hanya tingkat bunga yang memiliki pengaruh terhadap beta saham sementara rasio likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap beta saham.

 

Kata kunci: tingkat bunga, rasio likuiditas, beta saham

Published
2016-04-20
How to Cite
RAHAM, Yuliusman. Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Rasio Likuiditas terhadap Beta Saham (Survei terhadap Industri Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010). Jurnal Cakrawala Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, apr. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/2869>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Section
Articles