Faktor-faktor yang Mempengaruhi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kota Jambi

  • Netty Herawaty

Abstract

Penelitian ini berjudul Faktor-Faktor yang mempengaruhi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana secara simultan faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah Kota Jambi dan untuk mengetahui dan manganalisis bagaimana secara parsial faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi dengan terlebih dahulu mengkonversikan skala ordinal ke skala interval melalui metode interval berurutan (Method of successive interval). Penelitian ini menggunakan data primer Data primer diperoleh langsung dari instansi yang ada di Kota Jambi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara langsung. Kuesioner atau angket merupakan alat pengumpulan data yang berupa serangkaian daftar pertanyaan untuk dijawab responden (hariwijaya dan Triton;2008). Responden pada penelitian ini adalah kepala bagian yang ada di setiap instansi pemerintah yang ada di Kota Jambi. Hasil penelitian memperlihatkan variabel kejelasan sasaran, pengendalian akuntansi, sistem pelaporan, pengendalian intern dan motivasi memiliki pengaruh secara simultan terhadap akuntabilitas kinerja dan hanya variabel motivasi yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel akuntabilitas kinerja.

 

Kata kunci: kejelasan sasaran, pengendalian akuntansi, sistem pelaporan, pengendalian intern, motivasi, akuntabilitas     kinerja

Published
2016-04-20
How to Cite
HERAWATY, Netty. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kota Jambi. Jurnal Cakrawala Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, apr. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/2867>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles