Profil Corporate Governance Perusahaan Go Public di Indonesia

  • Muhammad Khafid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil corporate governance perusahaan go public di Indonesia, yang terdiri atas: komposisi dewan komisaris, kepemilikan manajerial, komite audit dan kepemilikan institusional yang merupakan unsur corporate governance. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sebanyak 430 perusahaan. Sampel penelitian ini adalah 242 perusahaan yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif yang digunakan terdiri atas mean, modus, dan distribusi frekuensi sesuai dengan karakteristik variabel yang akan dideskripsikan.Hasil penelitian menyatakan bahwa secara rata-rata, variabel komposisi dewan komisaris termasuk kategori baik dengan angka 42,01% yang berada di atas ketentuan batas minimal jumlah komisaris independen. Sebagian besar perusahaan memiliki komite audit sebanyak 3 orang yang ditunjukkan dari nilai modus. Namun demikian, masih terdapat beberapa perusahaan yang tidak memenuhi ketentuan mengenai komposisi dewan komisaris dan komite audit ini. variabel kepemilikan manajerial memiliki angka rata-rata sebesar 1,83%, dan variabel kepemilikan institusional memiliki angka rata-rata sebesar 65,32%. Fakta ditemukannya beberapa perusahaan yang tidak memenuhi ketentuan mengenai komposisi dewan komisaris independen dan komite audit  membawa implikasi bagi lembaga yang membidangi pengawasan terhadap perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memberikan tindakan pembinaan sesuai ketentuan yang berlaku kepada perusahaan-perusahaan yang tidak memenuhi ketentuan corporate governance. Di samping itu, fakta tersebut juga mendasari perlunya penelitian mendatang untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang menjadi determinan kepatuhan perusahaan pada ketentuan corporate governance di Indonesia.

 

Kata Kunci: corporate governance, komposisi dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional.

Published
2016-04-20
How to Cite
KHAFID, Muhammad. Profil Corporate Governance Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Cakrawala Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, apr. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/2866>. Date accessed: 20 nov. 2017.
Section
Articles