Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012

  • Febriyanti Ramadhani
  • Reka Maiyarni
  • Nela Safelia

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan perusahan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh modal intelektual variabel Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Coefficient (VAHU)  dan Structural Capital Value Added (STVA) terhadap Kinerja Keuangan variabel Return On Asset pada bank yang terdaftar di BEI tahun 201-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Yang dijadikan Sampel terdiri dari 25 bank yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2012. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan dengan data panel menggunakan aplikasi SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal intelektual variabel Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Coefficient (VAHU)  dan Structural Capital Value Added (STVA) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap return on asset (ROA), VACA secara langsung atau parsial memiliki pengaruh positif terhadap ROA, VAHU secara langsung atau parsial tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap ROA, STVA secara langsung atau parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA.

 

Kata kunci: VACA, VAHU, STVA dan ROA

Published
2016-04-20
How to Cite
RAMADHANI, Febriyanti; MAIYARNI, Reka; SAFELIA, Nela. Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012. Jurnal Cakrawala Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, apr. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/2865>. Date accessed: 17 oct. 2017.
Section
Articles