Perbedaan Pengungkapan Intellectual Capital Berdasarkan Tipe Industri dan Perbedaan Kapitalisasi Pasar Berdasarkan Pengungkapan Intellectual Capital

  • Dinis Abdiani
  • Yeterina Widi Nugrahanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tingkat pengungkapan modal intelektual berdasarkan tipe industri dan menentukan tingkat kapitalisasi pasar berdasarkan pengungkapan modal intelektual. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pengungkapan modal intelektual, tipe industri dan kapitalisasi pasar. Sampel yang digunakan terdiri dari 389 perusahaan yang terdaftar pada BEI di tahun 2012. Tingkat pengungkapan modal intelektual diukur menggunakan indeks skor pengungkapan. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan pengungkapan modal intelektual berdasarkan tipe industri dan terdapat perbedaan kapitalisasi pasar berdasarkan tingkap pengungkapan modal intelektual.

Kata Kunci: Pengungkapan Modal Intelektual, Tipe Industri, Kapitalisasi Pasar.

Published
2016-04-20
How to Cite
ABDIANI, Dinis; NUGRAHANTI, Yeterina Widi. Perbedaan Pengungkapan Intellectual Capital Berdasarkan Tipe Industri dan Perbedaan Kapitalisasi Pasar Berdasarkan Pengungkapan Intellectual Capital. Jurnal Cakrawala Akuntansi, [S.l.], v. 6, n. 2, apr. 2016. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/2864>. Date accessed: 24 nov. 2017.
Section
Articles